Skip to main content
Pelaksanaan Pilkada Serentak Pemprov Siap Minimalisir Terjadinya Kerumunan
Pelaksanaan Pilkada Serentak Pemprov Siap Minimalisir Terjadinya Kerumunan

Pelaksanaan Pilkada Serentak, Pemprov Siap Minimalisir Terjadinya Kerumunan

Bengkulu, Tuntasonline.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengada Rapat Koordinasi (Rakor) Penegakan Hukum bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Terkait Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Rakor ini diadakan dalam Rangka Suksesi Pilkada Serentak Tahun 2020 Aman dari Covid-19.

Baca Juga :  12 Pejabat Struktural KPK Bakal Dilantik Besok, Berikut Daftarnya


Meminimalisir terjadinya kerumunan ditengah pelaksanaan kontestasi Pilkada Serentak 2020 dan optimalisasi penerapan protokol kesehatan khususnya pada masa kampanye, dijelaskan Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Dedy Ermansyah, harus menjadi perhatian semua pihak, tidak hanya pihak penyelenggara ataupun peserta pemilu.


"Kita pada prinsipnya sepakat pilkada ini dapat dilaksanakan namun tetap aman Covid-19," kata Wagub Dedy Ermansyah.


Lanjut Wagub Dedy, pencegahan penyebaran Covid-19 ini, juga disepakati dilaksanakan pengamanan di beberapa titik rawan yang menimbulkan kerumunan yang banyak.


"Beberapa langkah antisipasi juga disiapkan di titik-titik rawan dan jangan sampai ini nantinya menjadi klaster baru," imbuhnya. Senin, (21/9/2020)


Selain itu, Wagub Dedy juga meminta KPU untuk mengarahkan peserta pilkada serentak untuk berkomitmen menerapkan protokol kesehatan dengan sebuah pakta integritas.


"Pakta integritas ini masing-masing kepada pasangan calon, partai politik dan tim sukses. Hal ini supaya ada beban moral untuk dapat menegakkan protokol kesehatan itu," ungkap mantan Anggota DPRD Provinsi Bengkulu ini.


Komisioner KPU Provinsi Bengkulu Darlinsyah mengatakan, terhadap deklarasi pakta integritas bagi peserta pilkada, memang telah disiapkan pihaknya, yaitu akan dilaksanakan usai pembagian nomor urut pasangan calon.

Baca Juga :  Dapat Kuota 226, Dinkes Padangsidimpuan Gelar Swab Massal


"Jadi seletah pengundian nomor urut, kita laksanakan deklarasi dan penandatanganan pakta integritas tentang Aman Covid-19 itu," pungkas Darlinsyah. (Panji)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size