Skip to main content
Lantik Pengurus AUMKM Karo Bupati Harapkan UMKM Makin Berdaya Saing
Lantik Pengurus AUMKM Karo Bupati Harapkan UMKM Makin Berdaya Saing

Lantik Pengurus AUMKM Karo, Bupati Harapkan UMKM Makin Berdaya Saing

Karo, Tuntasonline.com - Pengurus Asosiasi Usaha Mikro Kecil Menengah (AUMKM) Wilayah Karo periode 2020-2023 resmi dilantik di Gedung Kesenian, Taman Mejuah-juah Berastagi, Jumat (18/9/2020). Kehadiran wadah ini diharapkan mampu mendorong UMKM di Kabupaten Karo untuk masuk pasar nasional bahkan internasional.

Baca Juga :  Komunitas Pengajian Al-Kahfi PDAM Kota Bengkulu Selesaikan Safari Masjid Putaran Pertama

Pelantikan dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana SH diwakili oleh Kepala Dinas Perhubungan Gelora Fajar Purba SH MH, Kepala Kantor Pos Cabang Kabanjahe Agus Tambunan, perwakilan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Karo, dan pengurus AUMKM Simalungun.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba menyampaikan, Kabupaten Karo masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba yakni Desa Tongging, Kecamatan Merek. Terkait itu, kata dia, sektor pariwisata akan semakin dikembangkan. Dalam hal ini, pelaku UMKM adalah sentral.

Lanjutnya, keberadaan para pelaku UMKM tentu sangat penting untuk pengembangan sektor pariwisata di Karo. Ia memberi contoh soal tidak adanya etalase atau pusat oleh-oleh produk Karo yang dapat dikunjungi oleh wisatawan.

“Saran saya, cari lahan untuk lokasi etalase mulai kawasan Desa Peceren hingga Tahura. Seharusnya pelaku wisata atau hotel punya etalase,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua AUMKM Wilayah Karo Sastrawan Sembiring B.Sc menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan yang diberikan seluruh pengurus serta mandat yang diberikan oleh Ketua Umum AUMKM Sumut Ujiana br Sianturi S.Pd kepada dirinya untuk memimpin AUMKM Wilayah Karo.

“Awalnya saya berpikir bagaimana kepengurusan ini dapat terbentuk di masa Covid-19 seperti saat ini. Saya pun mencari satu persatu pelaku UMKM melalui media sosial dan memilih satu persatu untuk mengisi posisi pengurus. Akhirnya saya cari nomor kontaknya satu persatu dan saya japri. Puji Tuhan, meski seluruh pengurus tidak dapat bertemu di masa pandemi ini, akhirnya pelantikan dapat terlaksana,” ungkap Sastrawan.

Baca Juga :  Wabup Karo Pantau Penyaluran BLT-DD di Desa Sarimunte

Pelantikan diikuti dengan penandatanganan fakta integritas dan Surat Keputusan (SK) serta penyerahan pataka oleh Ketua Umum AUMKM Sumut Ujiana br Sianturi S.Pd kepada Ketua AUMKM Wilayah Karo Sastrawan Sembiring B.Sc. dengan tetap mengikuti Protokol Kesehatan Covid 19. (RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size