Skip to main content
Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Sosialisasikan Perwal No 28
Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Sosialisasikan Perwal No 28

Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua Sosialisasikan Perwal No 28

Padangsidimpuan, Tuntasonline.com - Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua sosialisasikan Peraturan Walikota (Perwal) Padangsidimpuan No. 28 Tahun 2020 tentang penerapan diisiplin protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Baca Juga :  Sinergitas Jelang Pesta Demokrasi, Kejari Sambut Kunjungan Komisioner KPU Karo 

Sosialisasi yang digelar di aula kantor Camat Sidimpuan Batunadua dengan dipimpin Roni Gunawan Rambe pada Rabu (16/9/2020) ini, melibatsertakan Kapolsek AKP M. Butar-butar, dan kepesertaannya terdiri dari seluruh lurah maupun kepala desa se-kecamatan setempat.

Dalam penjabarannya, Camat Sidimpuan Batunadua Roni Gunawan Rambe menuturkan, pasal 5 subjek pengaturan meliputi perorangan agar melakukan 4M. Yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Pengelola usaha menyiapkan sarana dan prasarana 4M bagi karyawan dan pengunjung yang datang. Pengelola, penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum menyiapkan sarana dan prasarana 4M bagi karyawan dan pengunjung yang datang.

Penerapan Sanksi sesuai Pasal 9 dilaksanakan dengan memperhatikan bagi perorangan yang melanggar ketentuan adalah teguran lisan, teguran tertulis, kerja sosial berupa pembersihan fasilitas umum selama 45 menit atau denda sebesar Rp100 ribu.

Bagi pelaku usaha, pengelola serta penyelenggara atau penanggungjawab tempat dan fasilitas umum dilakukan teguran lisan, teguran tertulis, denda adimistratif sebesar Rp300 ribu. Penghentian sementara operasional usaha sampai dipenuhi protokol kesehatan dan pencabutan izin usaha.

"Lurah / kepala desa diminta segera mensosialisasikan Perwal ini di daerahnya masing-masing dengan cara menempelkan salinan Perwal di papan pengumuman. Dan kita dari forkopimcam akan menggelar operasi yustisi penegakan prokes Covid-19," tegas Camat.

Untuk memaksimalkan hasil kinerja, evaluasi akan dibuat tiap bulan dengan melakukan berbagai pertemuan atau musyawarah. "Tempatnya nanti akan kita lakukan secara bergantian,  bisa di aula kantor Camat ataupun di markas Polsek Batunadua" ungkap Roni.

Baca Juga :  Kapolda Sumut Sambut Kedatangan Ketua DPD RI

Ditambahkannya, penegakan Perwal ini adalah tanggung jawab bersama. Bagaimana caranya, harus saling bahu-membahu agar warga Kota Pangsidimpuan terhindar dari Covid-19. "Sehingga, kita bisa melakukan aktifitas sehari-hari dengan tenang dan nyaman," pungkas Roni. (RF/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size