Skip to main content
Polres Tapsel Terima 14 Senpi Rakitan Warga Paluta
Polres Tapsel Terima 14 Senpi Rakitan Warga Paluta

Polres Tapsel Terima 14 Senpi Rakitan Warga Paluta

Tapanuli Selatan, Tuntasonline.com - Warga Kabupaten Padang Lawas Utara dengan rasa sukarela menyerahkan belasan pucuk senjata api rakitan jenis laras panjang kepada jajaran Kepolisian Resort Tapanuli Selatan (Tapsel).

Baca Juga :  Terkait Gonjang Ganjing PT DPM, Ini kata Budianto Situmorang

"Senjata api (Senpi) tersebut telah kita terima pada Kamis (3/9/2020) kemarin. Seluruhnya berjumlah 14 pucuk," ujar Kasat Intelkam Polres Tapsel AKP Eldy Koswara, disampaikan Kanit IV Aiptu Hary Agus Pohan, Jumat (4/9/2020).

Dijelaskannya, sejumlah senpi itu diserahkan warga kepada pihaknya (Sat Intelkam Polres Tapanuli Selatan) melalui kepala desa masing-masing yang ada di Kecamatan Padang Bolak Julu, Kabupaten Padang Lawas Utara.

Bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta para kepala desa, jelas Hary, pihaknya bekerja keras selama beberapa pekan ke belakang ini, menyampaikan imbauan tentang kepemilikan senjata api secara ilegal kepada warga.

"Kita bersama Babinsa dan Babinkamtibmas menggali informasi, lalu mendata nama-nama warga yang diduga memiliki senpi rakitan itu. Kemudian melalui kepala desa, kita melakukan pendekatan persuasif dan meminta agar warga menyerahkan senpi secara sukarela," ujarnya.

Kata Hary, operasi yang dilaksanakan secara persuasif dan humanis itu sebagai tindak lanjut atas peristiwa nahas yang menimpa salah satu warga Desa Padang Bujur, Padang Bolak Julu, pada Senin (24/8/2020) yang tewas tertembak senpi sendiri saat hendak berburu babi hutan.

Usai peristiwa itu, pihaknya mengimbau supaya warga serahkan senpi dan memberitahu bahwa ada sangsi pidana atas kepemilikan senjata api ilegal. Ditambah, langkah antisipasi, mencegah adanya korban lain dengan insiden serupa.

"Alhasil, sejumlah warga menyerahkan senjata api rakitan milik mereka kepada kepala desa masing masing. Umumnya senpi milik warga itu mereka gunakan untuk keperluan berburu di hutan," sambung Kanit IV Sat Intelkam.

Baca Juga :  Terima B1-KWK Demokrat dan PKPI, Koalisi Rohidin-Rosjonsyah Kian Kokoh dengan Dukungan 23 Kursi DPRD

Meski sudah menerima 14 pucuk senjata, pihak kepolisian masih tetap melakukan penyelidikan dan pengembangan secara persuasif. "Dengan harapan, setiap warga yang memiliki senpi mau menyerahkannya secara sukarela," tutup Hary. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size