Skip to main content
Terima Kunjungan Kapolres Karang Taruna Tapsel Nyatakan Siap Bersinergi
Terima Kunjungan Kapolres Karang Taruna Tapsel Nyatakan Siap Bersinergi

Terima Kunjungan Kapolres, Karang Taruna Tapsel Nyatakan Siap Bersinergi

Tapsel, Tuntasonline.com - Karang Taruna Tapanuli Selatan (Tapsel) menegaskan, seluruh warga mulai dari kepengurusan di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga kelurahan/ desa, sangat siap bersinergi dengan Polres dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif.

Baca Juga :  Pergub Tahap Pengkajian, Pemprov Bengkulu Gencarkan Pembagian Masker

"Sejauh ini, kami senantiasa menjalin komunikasi yang baik dengan pihak kepolisian dalam upaya menciptakan kamtibmas tetap sejuk dan kondusif," ujar Ketua Karang Taruna Tapsel Ahmad Bangun Ritonga, disaat menerima kunjungan Kapolres Tapsel, Rabu (19/8/2020) siang.

Dengan kondisi sederhana serta apa adanya, Kapolres AKBP Roman Smardhana Elhaj dan rombongan diterima di kantor sekretariat Karang Taruna Tapsel, Jalan Tapian Nauli, Sidimpuan, oleh Ahmad Bangun Ritonga yang saat itu didampingi Ketua Karang Taruna Kecamatan Batang Angkola Arpan Marwaji Lubis, serta pengurus lainnya.

Menurut Ketua Karang Taruna akrab dipanggil Barito itu, salah satu upaya mereka dalam menghadirkan suasana kamtibmas yang kondusif terkhusus dikalangan pemuda adalah melalui program pemberdayaan melalui pelatihan keterampilan serta pemanfaatan sumber daya alam.

"Pelatihan keterampilan kita ada melaksanakan pelatihan kewirausahaan di bidang sablon. Sedangkan pada aspek pemanfaatan sumber daya alam, Karang Taruna di desa kita dorong dan sudah ada yang berhasil menciptakan desa sebagai tujuan wisata berbasil lokal," paparnya.

Kaitannya dengan kamtibmas, ungkap Barito, manakala mereka kawula muda telah disibukkan dengan berbagai kegiatan yang positif serta dapat mendatangkan income, maka pikiran serta waktu mereka akan diisi oleh inovasi atau kreasi seperti apa lagi yang harus dikembangkan.

"Dengan demikian, pemuda tak lagi menjadi penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS). Yang ada, mereka bermetamorfosis menjadi penuntas atau pemberi solusi dalam masalah kepemudaan. Dalam hal ini, kita (Karang Taruna) menekan angka kenakalan remaja," bebernya.

Tiap agenda Karang Taruna, Barito selalu mengingatkan dan mengajak seluruh warga Karang Taruna memerangi narkoba. "Warga Karang Taruna harus menjadi pelopor memerangi barang haram yang potensial merusak masa depan masyarakat dan daerah ini," pungkas Barito.

Sebelumnya, Kapolres Tapsel AKBP Roman Smaradhana Elhaj mengatakan, pihaknya sangat membutuhkan saran dan kerjasama karena sadar betul maaih ada kekurangan terutama di personil. "Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen khususnya Karang Taruna bersinergi," ucapnya.

Dari informasi yang Kapolres peroleh dari Bupati Tapsel, akumulasi keseluruhan dari warga Karang Taruna mulai dari kabupaten hingga kelurahan/ desa yang mencapai 6.537 orang bukanlah jumlah yang sedikit. Ini diharapkan bisa menjadi agen kamtibmas disemua penjuru Tapsel.

"Jumlah sedemikian banyak, sudah setara dengan enam Polres jika dibandingkan dengan jumlah personel Polres yang hanya diangka seribuan. Jumlah sebanyak itu tentu akan sangat membantu kinerja kepolisian apabila sinergi serta persepsi yang sama dapat terbangun," imbuhnya.

Baca Juga :  Maknai Semangat Kemerdekaan RI, Inspektur : Emban Amanah dan Jaga Integritas

Terakhir, Kapolres mengajak warga Karang Taruna agar bersama-sama mensosialisasikan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat menyongsong era adaptasi kebiasaan baru (AKB). "Serta mengedukasi masyarakat agar mewujudkan pilkada aman dan damai," harapnya. (AS/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size