Skip to main content
Bupati Karo Terima Bantuan dari PMI Secara Simbolis
Bupati Karo Terima Bantuan dari PMI Secara Simbolis

Bupati Karo Terima Bantuan dari PMI Secara Simbolis

Karo, Tuntasonline.com - Di pandemi Covid-19 yang sedang melanda khususnya kabupaten Karo, para relawan dan Petugas dari Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karo bekerjasama dengan Markas PMI Sumatera Utara ikut merasa prihatin atas erupsi Sinabung yang menerpa masyarakat kabupaten Karo sehingga hari ini ikut ambil bagian dalam aksi sosial.

Baca Juga :  Kapolres Bengkulu Perkuat Sinergitas Bersama Dandim 0407/BKL

PMI Kabupaten Karo dan Sumatera Utara tidak hanya hadir saat pandemi Covid-19, seperti penyemprotan disinfektan di sejumlah lokasi baik di Kabanjahe maupun di kota wisata Berastagi, tapi juga berempati terhadap masyarakat terdampak di empat kecamatan, yakni Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi dan Kecamatan Dolat Rayat.

Satu unit mobil tangki air milik PMI Kabupaten Karo dan satu lagi milik Markas PMI Sumatera Utara, sejak Sabtu (08/08/2020) bersama sejumlah mobil damkar milik Pemkab Karo terus bergerak melakukan penyiraman/pembersihan abu erupsi di badan jalan di empat kecamatan tersebut.

Hal itu dikatakan Ketua PMI Kabupaten Karo, dr Jasura Pinem MKes didampingi Ade Kepala Markas PMI Sumatera Utara, Kabid Penangggulangan Bencana, Khairul Siregar Kabid Organisasi serta sejumlah relawan dan petugas PMI Kabupaten Karo.

Di antaranya, Robert Tarigan SH Wakil Ketua Bidang Pengembangan Citra dan Hubungan Antar Lembaga, Selasa (11/08/2020) di Posko Utama Penanganan Bencana Erupsi Sinabung di Kantor Koramil 04/SE, Jalan Kiras Bangun, Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo.

Bantuan sosial itu diserahkan secara simbolis kepada Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis, Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Ssos, dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, SH, Sik, yang pada saat bersamaan sedang rapat kordinasi penanganan bencana erupsi Sinabung.

Dan hari ini juga Rabu (12/8) membagikan 5000 masker, dan menyalurkan langsunh 200 paket kit kesehatan kepada masyarakat di empat kecamatan terdampak bencana erupsi Sinabung.

"Disamping itu, dua buah mobil tangki air kita pergunakan untuk membantu masyarakat, baik dalam pembersihan sarana publik maupun memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat,” kata Jasura Pinem.

“Dengan kebersamaan yang kuat, kita yakin mampu melewati masa-masa sulit ini. Di samping itu, dalam penanganan bencana erupsi Sinabung, protokol Covid-19 juga harus tetap dijalankan,” kata Jasura Pinem.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPBD Sumatera Utara, Riadil Akhir Lubis, Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Ssos, dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH Sik, mengapresiasi atas bantuan sosial yang diberikan oleh PMI Kabupaten Karo bekerjasama dengan Pengurus Markas PMI Sumatera Utara.

Lanjut Bupati Karo mengatakan bahwa saat ini penyemprotan badan jalan dan sarana umum dari debu vulkanik  Gunung Sinabung menjadi skala prioritas supaya masyarakat bisa beraktivitas kembali. Namun Pemkab Karo memiliki keterbatasan mobil damkar. "Kami masih membutuhkan bantuan mobil tanki milik PMI Sumatera Utara, diluar dari dua buah mobil tanki air milik PMI Karo dan Sumut yang sudah difungsikan," ujarnnya.

Kami (Forkopimda dan Satgas Sinabung) mengucapkan terima kasih atas bantuan sosial ini atas bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan disaat sedang mengalami kesusahan, adalah manifestasi dari semangat kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga :  Kapolda Kepri Lepas 100 Personil Sat Brimob ke Papua

"Semoga semangat gotongroyong dan solidaritas yang ditunjukkan PMI ini bisa menggugah elemen-elemen masyarakat lainnya untuk membangkitkan semangat masyarakat yang terdampak pandemi covid 19 maupun dampak dari erupsi Gunung Sinabung,” pungkas Terkelin Brahmana.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size