Skip to main content
Pra-Peradilan Diterima Paslon SAHE Bebas Dari Status Tersangka
Pra-Peradilan Diterima Paslon SAHE Bebas Dari Status Tersangka

Pra-Peradilan Diterima, Paslon SAHE Bebas Dari Status Tersangka

Rejang Lebong, TuntasOnline.Com - Proses sidang Pra-Peradilan (Prapid) terkait Pasangan Calon (Paslon) Bupati Rejang Lebong (RL) dan Wakil Bupati RL Drs Syamsul Effendi MM dan Hendra Wahyudiansyah SH atau lebih dikenal dengan jargon SAHE sebagai tersangka dalam dugaan tindak pidana pemalsuan pasal 184 undang undang nomor 8 tahun 2015. Akhirnya, usai dilaksankan, pada agenda Keputusan Majelis Hakim, Kamis (06/08/2020) sore, di Pengadilan Negeri Klas 1B RL.

Baca Juga :  Kunker Saipar Dolok Hole, Kapolres Tapsel Kunjungi Polsek dan Masyarakat

Alhasil, majelis hakim yang dipimpin oleh hakim tunggal Ari Kurniawan SH dan dibantu panitera pengganti AK Bagus Indrawan SH menerima permohonan pihak pemohon sebagian dan menolak permohonan untuk selain dan selebihnya. Berikut, beberapa poin hasil prapid yang disampaikan Ketua PN RL Syarip melalui humas PN Riswan Herafiansyah pada awak media.

Menyatakan tindakan termohon menetapkan pemohon sebagai tersangka berdasarkan pasal yang disangkakan, tidaklah sah dan tidak berdasarkan atas hukum dan oleh karenanya penetapan tersangka a quo tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat. "Sehingga menyatakan tidak sah segala keputusan atau penetapan yang dikeluarkan lebih lanjut oleh termohon yang berkenaan dengan penetapan tersangka atas pemohon oleh termohon," jelas Riswan.

Sementara, Kuasa Hukum SAHE, Tarmizi Gumay menyampaikan, setelah didengar bersama keputusan tersebut, sudah jelas permohonan praperadilan pihaknya diterima. "Alhamdulillah permohonan kita sudah diterima dan keputusan hakim itu mutlak, tidak ada istilah banding setelah putusan prapid. Jadi inilah proses hukum yang kita lawan juga dengan hukum, jangan sampai kita lawan dengan yang lainnya," ujar Tarmizi.

Sebelumnya, proses sidang ini sudah berlangsung beberapa hari belakangan, sidang dilaksanakan setelah pemeriksaan bukti-bukti kemudian dilanjutkan pemeriksaan dua orang saksi terdiri dari satu orang saksi ahli dan satu saksi dari pihak pemohon. Lalu dilanjutkan pemeriksaan saksi dan ahli dari termohon, termohon mengajukan 8 saksi, dan 1 saksi ahli, sebelum putusan pada hari ini, dilaksanakan terlebih dahulu kesimpulan sidang di hari sebelumnya.

Baca Juga :  Heboh! Warga Kebun Ros Ditemukan Gantung Diri

Seperti diketahui, praperadilan ini dilakukan karena bakal calon (Balon) Pilkada Rejang Lebong jalur perseorangan Syamsul Efendi-Hendra Wahyudiansyah (SAHE) ditetapkan tersangka oleh penyidik Polres Rejang Lebong yang tergabung di Sentra Gakkumdu daerah.(Ade)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size