Skip to main content
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko

Ditetapkan Boleh oleh Kemendes PDTT, Desa di Mukomuko Bertambah Satu

Mukomuko, Tuntasonline.com - Bertambah satu lagi desa desa di Kabupaten Mukomuko yang statusnya naik menjadi Desa Mandiri. Dasa Pulai Payung di Kecamatan Ipuh ditetapkan boleh kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggi dan Transmigrasi RI sebagai desa mandiri pada tahun ini.

Baca Juga :  Baperlitbang Kota Padangsidimpuan Gelar Rapat Inovasi 

"Alhamdulilah ada penambah satu desa mandiri yang ada di daerah ini yakni Desa Pulai Payung, kecamatan Ipuh. Dengan ditetapkannya 1 desa mandiri ini sehingga di kabupaten Mukomuko ada 3 desa yang berstatus desa mandiri," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Gianto kemarin.

Sebelumnya, berdasarkan hasil rekapitulasi Indeks Membangun Desa (IDM) tahun 2018/2019 lalu, ada 2 desa di Kabupaten Mukomuko yang telah ditetapkan sebagai desa mandiri ya ini Desa Penarik Kecamatan Penarik dan Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh.

Ada beberapa indikator dalam penilaian desa mandiri, Salah satu nya yakni dalam pencairan Dana Desa tidak 3 tahap seperti desa lainnya, namun hanya 2 tahap yakni taphap pertama 40 persen dan tahap dua 60 persen.

"Kalau desa yang sudah berstatus sebagai desa mandiri dalam pencairan DD hanya 2 tahap. Status des ini baik desa tertinggal, berkambang, maju dan mandiri setiap tahun nya bisa berubah sesuai dengan hasil penilaian," demikian Gianto.

Saat dikonfirmasi Kepla Bidang pemerintah Desa, M Fadly membenarkan hal tersebut. Bahwa 1 desa di Kabupaten Mukomuko ditetapkan sebagai desa mandiri ya ini Desa Pulai Payung di Kecamatan Ipuh. Sehingga jumlah desa mandiri di Mukomuko menjadi 3 desa.

"Jadi desa mandiri yang ada di daerah kita ini ada 3, yakni desa Penarik, Desa Medan Jaya dan Desa Pulai Payung," bebernya.

Baca Juga :  Tokoh Muhammadiyah PD Jaya : Pak Rohidin Iki Pemimpin Seng Cerdas

Lebih lanjut Fadly mengatakan, bahwa status desa baik desa tertinggi, berkembang, maju dan mandiri setiap tahunnya bisa berubah atau bertambah sesuai dengan hasil penilaian.

"Status desa ini bisa berubah setiap tahunnya dari tertinggi menjadi berkembang, yang berkembang bisa menjadi maju,  dan maju bisa menjadi mandiri. Dan yang mendiri bisa dipertahankan atau turun status nantinya akan ada penilaian tersebut," demikian Fadly. (kharan)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size