Skip to main content
BNNP Bengkulu Musnakan Belasan Kilo Ganja dan Ratusan Gram Shabu
BNNP Bengkulu Musnakan Belasan Kilo Ganja dan Ratusan Gram Shabu

BNNP Bengkulu Musnakan Belasan Kilo Ganja dan Ratusan Gram Shabu

Bengkulu, Tuntasonline.com - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bengkulu hari ini Jum'at (3/7/2020) memusnahkan barang bukti 523,36 gram narkoba jenis sabu dan sebanyak 11,790 kilo gram ganja.

Baca Juga : Mayoritas Tempat Hiburan Di Mukomuko Belum Kantongi Izin

Pemusnahan ini dilakukan dengan cara pembakaran dengan mesin khusus pemusnahan barang bukti (BB) milik BNNP Bengkulu.

Kepala BNNP Bengkulu Brigjen Pol. Toga H Panjaitan mengatakan barang bukti (BB) yang dimusnahkan ini merupakan hasil pengungkapan dari dua kasus tindak pidana penyalahgunaan narkotika. Dari pengungkapan ini, pihaknya berhasil meringkus 10 orang tersangka. 

“Pengungkapan dilakukan selama bulan Juni 2020,” ungkap Toga H Panjaitan.

Untuk pengungkapanya, kasus pertama berawal dari personel BNNP Bengkulu mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada dua orang kurir narkotika dari Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang akan masuk ke Bengkulu. Saat itulah dilakukan penyelidikan dan pengamatan di jalur lintas Curup-Lubuklinggau. Alhasil, berhasil membekuk, dua orang kurir yakni JS dan JP. 

Dari penggeledahan ditemukan barang bukti jenis sabu seberat 500 gram. Setelah itu, anggotanya juga berhasil menangkap kembali dua orang tersangka, Zu dan Ru. Dari penangkapan itu juga berhasil menangkap salah seorang napi Rutan, He. 

“Untuk kelima tersangka yang berhasil diamankan tersebut saat ini masih dalam proses penyelidikan,” katanya.

Selanjutnya, kasus kedua dilakukan penangkapan di Jalan Lintas Bengkulu Tengah (Benteng) – Kepahiang atau tepatnya di Desa Taba Terunjam Kecamatan Karang Tinggi. Di sini, personel berhasil menangkap WD yang membawa ganja hampir 12 kg yang disimpan di dalam. Kemudian dilakukan pengembangan berhasil membekuk tersangka lain, DF. Dari pengakuannya BB didapatnya dari tersangka ES dan Pr dan seorang tahanan Rutan Malabero, He alias Ninja.

Kepala BNNP Bengkulu Brigjen Pol Toga H Panjaitan mengatakan, barang bukti kejahatan narkoba sebanyak itu, diperoleh dari 10 orang tersangka yang ditangkap pada Bulan Juni 2020 ini oleh petugas BNNP Bengkulu.

"Dengan memusnahkan barang bukti sebanyak itu, BNNP Bengkulu berhasil menyelamatkan sekitar 8500 anak bangsa dari penyalahgunaan narkoba," pungkas Kepala BNNP Bengkulu.

Baca Juga :  Kunjungi DPRD Seluma, Dewan Lubuk Linggau Pelajari Penganggaran Infrastruktur Telekomunikasi

Acara pemusnahan ini juga dihadiri Asisten III Pemprov Bengkulu, Gotri Suyatno, Dir Narkoba Polda Bengkulu Kombes Pol. Roh Hadi, Kakanwil Kemenkum HAM, Imam Jauhari, perwakilan Danrem, perwakilan Kajati, Kepala BPOM, dan tamu undangan lainnya. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size