Skip to main content
SE Walikota Dinilai Rugikan Keuangan Sekolah
SE Walikota Dinilai Rugikan Keuangan Sekolah

SE Walikota Dinilai Rugikan Keuangan Sekolah

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Surat Edaran (SE) Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan terkait pemotongan uang komite sekolah Swasta sebesar 50 persen dari ketetapan awal menuai protes dari beberapa pihak sekolah swasta itu sendiri. Karena hal itu dinilai sangat berdampak pada keuangan sekolah. Apalagi uang tersebut bukan hanya untuk pembangunan tetapi gaji guru honer juga ada disana.

Disampaikan Devi Suryani, salah satu perwakilan Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta di Kota Bengkulu, menurutnya kebijakan ini sangat berdampak sekali bagi mereka, dari  sumber keuangan sekolah swasta satu-satunya adalah berasal dari uang iuran komite.


"Padahal sebelum adanya intruksi ini, kami sudah memulainya terlebih dahulu. Dengan menerapkan kebijakan subsidi silang bagi siswa dan pemotongan iuran lain sudah dilakukan. Ditambah lagi dengan pemotongan biaya komite tanpa ada subsidi dari pemerintah kota, jelas ini akan berdampak pada keuangan sekolah dan pembayaran guru," katanya, Kamis (4/06/2020). 

Menurutnya, keberatan dari mereka ini perlu dipertimbangkan lagi. Apalagi selama ini, Walikota belum pernah bermediasi dan berkoordinasi dengan pihak sekolah swasta.

"Kalau kita pukul rata semua sekolah dengan pemotongan 50 persen maka kami tidak sanggup," sampainya. 

Saat ini, perwakilan sekolah swasta meminta kepada Dinas Pendidikan Kota Bengkulu untuk bermediasi dengan Walikota Helmi.

Sebelumnya diberitakan, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan membuat surat edaran (SE) yang ditujukan kepada TK, PAUD, SD dan SMP yang ada di Kota Bengkulu, baik swasta maupun negeri. SE ini masih terkait dengan kondisi pandemi Covid-19.

Dalam SE nomor 420/773/L.D.DIK/2020 yang ditandatangani tanggal 29 Mei itu ada beberapa point instruksi walikota yang harus dipatuhi oleh kepala TK/PAUD, SD dan SMP yakni tentang keringanan iuran biaya komite dan biaya lainnya bagi peserta didik. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size