Skip to main content
Warga Tolak Jenazah PDP Covid-19 Dimakamkan di TPU Desa Salid
Warga Tolak Jenazah PDP Covid-19 Dimakamkan di TPU Desa Salid

Warga Tolak Jenazah PDP Covid-19 Dimakamkan di TPU Desa Salid

KARO, TuntasOnline.Com - Warga Medan yang meninggal di RSU Kabanjahe setelah dinyatakan  Pasien Dalam Pengawasan(PDP) yang rencananya di makamkan sesuai protokol covid 19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Desa Salid Kecamatan Tigapanah yang sebelumnya Pemkab Karo telah menyediakan Satu hektar untuk pemakaman corban covid ditolak puluhan masyarakat Desa Salit Kecamatan Tigapanah.

Tim Gugus, medis dan pihak keluarga yang rencananya pasien PDP asal Medan dengan inisal SUT akan dikebumikan, puluhan warga komplen karena keberatan pasien PDP tersebut akan dikebumikan di lokasi yang tidak jauh dari pemukiman warga, Selasa (26/05/2020) sekira pukul 17.30 WIB.

Perdebatan sengit terjadi antara warga beserta beberapa petugas yang ikut serta dalam pengkebumian pasien PDP tersebut.

Informasi dari salah satu warga dilokasi tersebut bernama Mawardi  Tarigan (33) mengatakan keberatan warga, karena tidak ada sosialisasi antara tim gugus dengan masyarakat terkait perubahan sebahagian lokasi  dari TPU dijadikan sebagai tempat pemakaman pasien terindikasi Covid-19 sesuai protokoler kesehatan 

"Kami warga Salid keberatan karena pada dasarnya kami tidak tau bahwa TPU ini beralih fungsi menjadi makam  korban Covid-19, kami menganggap pemkab maupun tim gugus terlalu senyap dan kurangnya sosialisasi kepada warga aturan dari Protokoler kesehatan  kepada kami," jelas Mawardi yang diiyakan warga lainnya.

Dari pantauan sejumlah wartawan dilokasi, bahwa pemakaman korban terindikasi PDP gagal dimakamkan di desa Salit dan kembali mayat atas inisial SUT kembali dibawa tim medis ke RSU Kabanjahe. Dan selanjutnya masyarakat desa Salit kembali menutupi lobang kuburan yang sudah sempat digali.

Penolakan pemakaman korban PDP turut dihadiri  Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriyono SH MH SIK, Ketua Harian Gugus Tugas Covid-19 Martin Sitepu,  Kasatpol PP Hendrik P Tarigan, Kasdim 0205/TK Mayor Inf D Marpaung.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size