Skip to main content
Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Family Farm
Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Family Farm

Wujudkan Ketahanan Pangan Lewat Family Farm

Rejang Lebong, TuntasOnline.Com - Mewabahnya virus corona Covid - 19 menjadi ancaman terhadap ketahanan pangan. Sehingga mulai dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat hingga detik ini berupaya untuk menjaga ketahan pangan dengan berbagai solusi ditawarkan. Seperti Pemda RL, tengah berupaya mengantisipasinya dengan menyiapkan ribuan hektar lahan pertanian untuk ditanam padi dan jagung.

Namun, untuk menjaga ketahanan pangan tersebut, tidaklah cukup di tangan pemerintah semata, melainkan juga perlu dukungan dari masyarakat. "Peran masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk menjaga ketahanan pangan. Apalagi di tengah Pandemi Virus Corona ini, yang kita tidak tahu kapan akan berakhir," ujar Anggota Komisi II DPRD RL, Putra Mas Wigoro, SE, SH, MH, pada wartawan, Senin (11/05/2020).

Salah satu solusi yang Putra tawarkan adalah dengan menerapkan Family Farm bagi setiap Keluarga atau yang disebut Kawasan Pangan Rumah Lestari (KPRL) yang dicetus oleh pemerintah pada tahun 2012 silam yang kemudian diadopsi oleh organisasi pangan dunia atau Food And Agricultural Organization (FAO) dengan nama Family Farm atau kebun keluarga.

"Jadi konsepnya adalah dengan mamanfaatkan lahan perkarangan rumah masing-masing keluarga untuk ditanami tanaman pangan. Bahkan, selain diharapkan dapat menjaga ketahanan pangan, juga dapat menimalisir biaya pengeluaran rumah tangga, karena diproduksi atau ditanam secara mandiri," jelas Putra.

Lanjutnya, bagi warga yang tidak memiliki lahan perkarangan, terutama yang tinggal di wilayah perkotaan dapat menerapkannya melalui sistem hidroponik, tambulapot, polibag dan sebagainya.(Ade)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size