Skip to main content
Nota Pengantar LKPJ Dibaca Wabup RL Puluhan Anggota Dewan "WalkOut"
Nota Pengantar LKPJ Dibaca Wabup RL Puluhan Anggota Dewan "WalkOut"

Nota Pengantar LKPJ Dibaca Wabup RL, Puluhan Anggota Dewan "WalkOut"

Rejang Lebong, TuntasOnline.Com - Video Confence Rapat Paripurna anggota DPRD Rejang Lebong (RL), dengan agenda pembacaan nota pengantar, pada Senin (13/05/2019) berlangsung memanas. Pasalnya, puluhan anggota dewan DPRD RL memilih "walkout" dari ruang sidang. Lantaran, nota pengantar LKPJ tidak dibaca oleh Bupati RL,  Ahmad Hijazi, namun dibaca Wakil Bupati RL, Iqbal Bastari.

Pantauan TuntasOnline.com, saat sidang mulai dibuka, beberapa anggota dewan memberikan intrufsi terhadap pimpinan, agar melakukan penundaan sidang. Pasalnya, mereka menilai Nota Pengantar LKPJ, harus dibaca oleh Bupati RL, dan tidak boleh diwakilkan.

Meskipun sempat di skorsing sementara waktu untuk menemui titik temu. Namun, beberapa anggota dewan tetap memilih menunda rapat tersebut dan langsung keluar ruang sidang. Dimulai dari 3 anggota dewan DPRD RL Fraksi Nasdem, Nirwan Paraji, Beni dan Ardiansyah.

Kemudian disusul Ali dari fraksi Gerindra. Sehingga pimpinan sidang mengambil alih melalui voting, bagi anggota dewan yang tetap hendak melanjutkan sidang untuk mengangkat tangan dan yang tidak memlih keluar ruang sidang sendiri.

Akhirnya, 4 anggota dewan fraksi PDIP perjuangan juga ikut "walkout" termasuk Waka I DPRD RL, Surya. Lalu, 2 anggota Dewan dari fraksi PKB juga ikut keluar ruang sidang. Menyusul kemudian, fraksi Hanura dan Waka II DPRD RL, Edi Irawan. Sehingga, tersisa hanya 14 anggota dewan yang tetap mendengar Nota pengantar LKPJ termasuk Ketua DPRD RL, Mahdi Husein, yang dibaca oleh Wakil Bupati RL, yang didampingi, Sekda, RA Denni RL dan Asisten I RL, Pranoto Majid.

Disampaikan, Nirwan Paraji, pada awak media. Jika rapat paripurna dengan agenda ini, Bupati RL, sudah 5 kali berhalangan hadir.  Padahal, nota pengantar ini sangat penting langsung dibacakan oleh Bupati RL. "Kalau soal bahaya covid 19, di tempat tinggal saya di PUT juga sedang rawan apalagi perbatasan, dan saya sudah melihat, jika perbatasan tersebut sudah diperketat bagi yang mau masuk Rejang Lebong," ungkapnya.

Lanjutnya, padahal agenda lain untuk memikirkan masyarakat RL juga lebih banyak. Seperti melalui pembacaan nota pengantar ini.

Sementara, Wakil Bupati RL, juga memberikan tanggapannya sebelum pembacaan nota pengantar. Jika dirinya dan Bupati adalah satu paket, dan Bupati sudah memberikan mandat kepada dirinya untuk membaca nota pengantar LKPJ ini. "Tidak usah kita mempermasalahkan beberapa kalinya Bupati tidak hadir, tapi seberapa urgensinya atau pentingnya kegiatan yang sedang ia jalankan. Apalagi ia merupakan Ketua Gusus Tugas Covid 19, tanggung jawan beliau terhadap antisipasi penyebaran Covid 19, sangat besar," tegas Iqbal.(Ade)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size