Skip to main content
Wabah Covid-19 Kadis Kesehatan Karo Himbau Jaga Kondusifitas
Wabah Covid-19 Kadis Kesehatan Karo Himbau Jaga Kondusifitas

Wabah Covid-19, Kadis Kesehatan Karo Himbau Jaga Kondusifitas

KARO, TuntasOnline.Com - Ditengah Wabah Covid-19, Kepala Dinas Kesehatan Karo menghimbau semua pihak untuk tetap menjaga suasana agar tetap kondusif. 


“Jangan Panik dan jangan menebarkan issu/hoax dan jangan saling menyalahkan. Dalam penanganan ini tidak bisa hanya Puskesmas, Polsekta, Camat dan Lurah serta kepling saja yang menanganinya. Kita semua bersama masyarakat harus bersatu memutus mata rantai covid_19 dan salah satu kuncinya dalah disiplin,” ungkap Kadis Kesehatan Kabupaten Karo, Drg.Irna Sembiring kepada awak media Rabu (8/4/2020) pukul 11.30.wib.

Himbauan ini dilontarkan drg. Irna Sembiring  saat meninjau langsung kesiapan tim Medis Puskesmas Berastagi terkait seorang Wanita berusia 59 thn, penduduk Berastagi yang diberitakan terpapar Covid-19. 

Lanjit diterangkan drg Irna mari kita disipilin melapor, disiplin jaga jarak, disiplin cuci tangan dan disiplin tetap dirumah saja.

 Kadis kesehatan ini juga berpesan kepada warga masyarakat khususnya warga Berastagi, tidak usah panik karna pihaknya saat ini sudah melakukan pendataan bagi warga yang sudah melakukan kontak langsung dengan warga  PDP tersebut.  


“Bagi warga yang merasa sudah pernah melakukan kontak langsung dengan PDP, silahkan menghubungi kepling atau langsung ke puskesmas,” tambahnya.


Drg. Irna membenarkan, bahwa berdasarkan hasil informasi dari pihak Rumah Sakit Columbia Medan bahwa saat ini terdapat 1 orang warga Kabupaten Karo yang beralamat di Jl Veteran Berastagi berjenis kelamin wanita dengan riwayat perjalanan berpergian selama 3 minggu ke Surabaya dan kembali ke Berastagi pada tanggal 20 Maret 2020.

“ Dengan kesadaran sendiri PDP telah melakukan Isolasi Mandiri di rumahnya, namun selama isolasi mulai muncul gejala batuk dan demam sehingga tgl 31 Maret 2020 keluarga membawa Pasien untuk dirawat di RS Columbia tanpa melaporkannya terlebih dahulu kepihak Dinkes,” terang Irna.

Ditambahkan Irna, kalau kondisi wanitia PDP ini pada hari Selasa (7/4/2020) Hasil RT-PCR Pasien tersebut Terkonfirmasi Positif C-19 dari RS Columbia, sedangkan kondisi pasien saat ini keadaannya yang sudah mulai membaik.

“Saya tadi sempat melakukan video call dengan pasien, dan keadaanya terlihat sudah mulai membaik, "ujarnya

Sedangkan seluruh keluarganya yang berada di Berastagi telah dilakukan Rapid Test Rabu sore (8/4/2020) dengan hasil sementara NEGATIF namun demikian satu keluarga ini diwajibkan melakukan karantina mandiri. (RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size