Skip to main content
IAIN Bengkulu Jalin Silaturrahmi Bersama Masyarakat Sekitar Kampus
IAIN Bengkulu Jalin Silaturrahmi Bersama Masyarakat Sekitar Kampus

IAIN Bengkulu Jalin Silaturrahmi Bersama Masyarakat Sekitar Kampus

Bengkulu, Tuntasonline.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu, menggelar Sosialisasi dan Dialog dengan Masyarakat sekitar kampus IAIN Bengkulu dengan tema Jalin Silaturahmi dan Kerjasama untuk Membentuk Generasi Muda yang Berakhlak Mulia di Gedung Pelatihan Lantai 2.

Toko Masyarakat Kecamatan Selebar Drs. H. Rizkan A. Rahman,  M.Pd, menyampaikan bahwa dengan adanya IAIN Bengkulu ini peran mahasiswa dalam aktifitas keagamaan serta aktifitas lingkungan sekitar sangat membantu.

"Contohnya beberapa mahasiswa IAIN mengadakan Gang Subuh, yang berisi kegiatan-kegiatan kerohanian seperti sholat subuh berjamaah, tilawah serta Tausiyah bersama masyarakat. Selain membantu aktifitas warga, dengan adanya IAIN Bengkulu sangat berdampak pada peningkatan perekonomian warga yaitu adanya bisnis kos-kosan serta bisnis kuliner dan sebagainya," jelasnya.

Ditambahkan warga H. Imron nordi, masjid dilingkungan tempat tinggalnya tak pernah sepi karena mahasiswa IAIN Bengkulu giat dalam berbagai aktifitas keagamaan.

"Saya berharap IAIN Bengkulu terus meningkatkan kemampuan mahasiswanya dalam berbagai aspek ilmu, sehingga peran mereka dalam peningkatan ilmu di masyarakat dan mereka sendiri terus berkembang," harapanya.

Dalam rangka diadakannya sosialisasi dan dialog ini diharapkan perkembangan peran serta masyarakat sekitar kampus IAIN Bengkulu, Dosen, mahasiswa dan pegawai dapat menciptakan suasana yang kondusif demi kemajuan IAIN.

"Tujuan diadakannya sosialisasi ini sendiri untuk  memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendekatkan IAIN dengan masyarakat di lingkungan kampus, karena dirasa perlu informasi perkembangan IAIN terlebih akan beralih status menjadi Universitas Islam Negeri (UIN),"ujar Kepala Biro AUAK IAIN Bengkulu Drs. H. Abd. Amri Siregar,  M.Ag.

Supaya sosialisasi ini suapaya berdampak positif bagi masyarakat serta mahasiswa diajukan untuk mempersiapkan diri, apa yang menjadi hambatan perlu di komunikasikan, maka dari itu diadakan pertemuan sosialisasi dan dialog kepada masyarakat di lingkungan sekitar kampus.

Camat Selebar  Drs. Sehmi, M.Pd mengatakan tentu kampus IAIN Bengkulu sangat mempersiapkan generasi muda, untuk masa depan dengan sarana dan prasarana yang ada. 

"Semisal dengan adanya kos-kossan mahasiswa yang terdaftar harus didata untuk dapat dihubungi lebih lanjut mengenai kegiatannya. Respon masyarakat juga sangat positif karena Bengkulu terkenal dengan kota Religius itu sangat berdampak terutama mahasiswa IAIN Bengkulu fitrah agama menjadi simbiosis mutualisme,” jelas Drs. Sehmi, M.Pd. 

Masyarakat sangat berharap dalam waktu singkat ini peralihan status menjadi UIN ini tidak hanya berfokus pada fakultas keagamaan namun lebih meningkatkan ke fakultas umum juga. Diketahui IAIN juga sudah siap, baik itu dukungan masyarakat dan sarana prasarana yang ada, serta dengan bertambahnya mahasiswa IAIN Bengkulu akan berdampak positif bagi masyarakat karena juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar lingkungan IAIN Bengkulu. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size