Skip to main content
Tinjau RS Bergerak Enggano Gubernur Rohidin Minta Dinkes Prioritaskan Program Enterenship
Tinjau RS Bergerak Enggano Gubernur Rohidin Minta Dinkes Prioritaskan Program Enterenship

Tinjau RS Bergerak Enggano, Gubernur Rohidin Minta Dinkes Prioritaskan Program Enterenship

Enggano, TuntasOnline.Com - Dalam kunjungan kerja ke Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah meninjau langsung Rumah Sakit Bergerak Enggano pada Jum'at (21/02/2020).

Dalam Peninjauan, Gubernur Rohidin didampingi Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Penanggungjawab Rumah Sakit, serta Rombongan Kepala OPD

Gubernur Rohidin menyampaikan bahwa pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Enggano karena sangat penting bagi masyarakat, Beliau juga meminta kepada Dinas Kesehatan agar mencarikan Program Enterenship, jikalau Program Enterenship ini ada, Gubernur meminta Dinas Kesehatan memprioritaskan Enggano agar dapat menempatkan dokter dengan pergantian Dokter 6 Bulan Sekali.

 

"Pelayanan Kesehatan di Enggano ini perlu mendapat peningkatan, pertama dari sisi tenaga medis dan para medisnya, dokternya satu sekaligus beryanggung jawab dengan puskesmas sekaligus juga rumah sakit. Ini yang memang kita kesulitan penempatan dokter yang memang bersedia dan betah untuk tinggal di Enggano, maka nanti kita minta dengan Dinas Kesehatan jikalau ada program enterenship coba kita arahkan ke Enggano, dan mereka bisa gak satu tahun tapi shift-shiftan," ujarnya. 

"Tolong dicarikan programnya di Dinas Kesehatan, ini mungkinkan penempatan Dokter yang mungkin 6 bulan sekali diganti, karena kita juga tau kondisi alam seperti inikalau bukan penduduk asli Enggano kadang-kadang mereka menjadi tidak betah tidak tahan. Pada pelayanan kesehatan ini, tidak bisa pilih-pilih masyarakat sangat membutuhkan, saya terima kasih sekali dengan para medisnya, para dokter yang bekerja dengan sangat baik sekali dengan kondisi alam terpencil dan tranportasi sulit dan kalau bukan karena pengabdian mungkin sulit," tambahnya. 

Kepala Bidang Perawatan Rumah Sakit Bergerak Enggano menuturkan bahwa pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut buka selama 24 jam, jikalau pasien sudah tidak tertangani pihaknya akan merujuk ke Bengkulu menggunakan Kapal atau Jalur Udara. 

"Pelayanan kesehatan disini buka 24 jam, tenaga kesehatan ada 6, Bidan 3 orang, dan sisanya yang bantu disini, kalau pelayanan jiakalau ada pasien kita tangani kalau sudah bisa lagi kita rujuk ke Bengkulu menggunakan jalur udara atau kapal. Kalau Dokter kita disini satu, dia dokternya dan dia juga Direkturnya dan sekarang Beliau sedangan ada Rakornas dab belum bisa hadir," kata Komala Sari selaku Kepala Bagian Perawatan Rumah Sakit," ujarnya. 

Pj Kepala Apotik/Farmasi Reni Haryani menuturkan bahwa pihaknya sangat membutuhkan tenaga medis dan para medis untuk peningkatan pelayanan, dan berharap agar Gubernur Rohidin agar segera membantu kekurangan yang ada. Reni juga menambahkab bahwa insentif yang diterima para Pekerja di sana berkisar Rp. 1.500.000,-.(ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size