Skip to main content
Sensus Penduduk 2020 Segera Dimulai
Sensus Penduduk 2020 Segera Dimulai

Sensus Penduduk 2020 Segera Dimulai, Bupati RL : Petugas Harus Amanah

Rejang Lebong, TuntasOnline.Com - Sensus Penduduk untuk tahun 2020 segera dilaksanakan di seluruh Indonesia, begitu juga di kabupaten Rejang Lebong (RL). Demikian ditandai dengan kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Penduduk 2020, yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS), kabupaten Rejang Lebong, di Hotel Golden Rich 88, Rabu (12/02/2020).

Kepala BPS RL, Novrizal, menyampaikan terdapat dua sistem dalam sensus penduduk 2020 ini, yaitu sistem online dan sistem wawancara langsung oleh petugas. Untuk sistem Online, mulai dijalankan tanggal 15 Februari hingga 31 Maret 2020. Kemudian kedatangan petugas untuk wawancara langsung akan dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 31 Juli 2020. "Untuk sistem online bisa dilakukan secara mandiri melalui halaman website sensus.bps.go.id, juga pihaknya akan mendata berdasarkan data terakhir dari Dukcapil," ujarnya.

Kemudian ia menambahkan, untuk petugas yang akan terjun langsung ke lapangan nanti sekitar 260 petugas yang akan akan dilakukan perekrutan pada Bulan April hingga Bulan Mei 2020.

Sementara untuk pertanyaan pertanyaan di dalam wawancara nanti, baik sistem online maupun sistem wawancara langsung, hampir sama, hanya saja jumlah pertanyaan nya yang berbeda, kalau online hanya 21 pertanyaan, kalau wawancara oleh petugas sekitar 82 pertanyaan.

Di sisi lain, Bupati RL, Ahmad Hijazi menyampaikan, untuk para petugas nanti agar dapat mengemban amanah ini dengan serius, karena validitas suatu data sangatlah penting dalam beberapa indeks, seperti untuk indeks ekonomi nanti juga diharapkan dapat meningkat. "Kalau ada kendala di lapangan koordinasi langsung dengan perangkat desa maupun lurah sehingga dapat berjalan lancar, apalagi ini adalah program nasional jadi harus didukun," tegas Bupati.

Lanjutnya, ia sangat berharap para petugas yang terjun nanti ke lapangan adalah potensi di desa ataupun kelurahan itu sendiri. Jadi masyarakat setempat harus diperdayakan, untuk kelancaran dalam bertugas dan berkoordinasi dengan warga setempat. "Apalagi kalau satu bahasa ataupun satu suku, jadi lebih efektif,"

Dalam kegiatan Rakorda tersebut, dihadiri oleh beberapa instansi terkait, seperti Dinas Dukcapil RL, para OPD, Ketua DPRD RL, Mahdi Husein, perwakilan Kodim 0409 RL, BPJS, para Camat dan instansi terkait lainnya. Serta, dimeriahkan juga dengan seni doll dari sanggar SMPN 1 RL. Pembukaan kegiatan itu juga ditandai dengan penambuhan alat musik doll.

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size