Skip to main content
Wisata Gunung Api Sinabung Akan Tarik Wisatawan
Wisata Gunung Api Sinabung Akan Tarik Wisatawan

Wisata Gunung Api Sinabung Akan Tarik Wisatawan

 KARO, Tuntasonline.com - Wisata Gunung api Sinabung merupakan sebuah mesin penghasil uang yang perlu segera dilaksanakan. Agar realisasi satu juta wisatawan datang ke Karo segera terwujud.

Hal ini dikatakan Direktur Politehnik MBP Medan, Drs  TenangMalem Tarigan MSi Ak didampingi Konsultan Pariwisata Sumut Ir Jonathan Tarigan dan Rally Tarigan saat beraudensi dengan Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, didampingi Kadis Pariwisata  dan Kebudayaan Karo Munarta Ginting dan Sekretarisnya Eva Andela, Kamis (23/1/2020) di lantai II Ruang Kerja Wakil Bupati Karo.

Rencana mendatangkan sejuta wisatawan ke Karo itu, bukan hanya wacana saja atau mimpi, tetapi dibutuhkan kerja keras dan keseriusan yang perlu dukungan.

Prioritas pertama kunjungan itu dikalangan para mahasiswa/i dari seputar kota Medan. Sebab mereka juga lumayan banyak, agar mereka teredukasi saat kunjungan. 

Selain itu, kunjungan wisatawan dari Malaisya maupun negara Asia lainya. Tetapi, fasilitas yang utama mereka minta adalah, toilet yang bersih dan Mushola atau tempat ibadah lainya harus tersedia, termasuk kuliner yang halal secara Nasional.

K"wisatawan tentunya akan membantu para petani Karo, sebab mereka tidak perlu lagi menjual hasil perkebunan ke Medan, karena wisatawan sendiri akan datang dengan sendirinya dalam rangkaian darma wisata," urai Tarigan.

Melalui kunjungan ini, otomatis perputaran roda ekonomi di Karo akan semakin menggeliat dan tentunya masyarakat akan meningkat kesejahteraannya, seperti di Merapi, Bromo dan Tangkuban Parahu, jelasnya.

Sambung Jonathan Tarigan, Kabupaten Karo memiliki 4 (empat) gunung api, yakni Sinabung, Sibayak, Pintau dan Sibarus.  Dengan banyaknya atraksi wisatawan di Karo terutama berkaitan dengan ke empat gunung ini, tentunya agenda pengunjung di tanah Karo akan bertambah padat, sehingga mereka akan datang ke kampung kita ini, dan saat hendak pulang, mereka juga akan membeli buah dan sayur serta hasil usaha kecil menengah, kuliner warga Karo.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Munarta Ginting SP menyebutkan, pihaknya menyambut baik  gagasan maupun rencana tersebut untuk mendatangkan wisatawan.        

Namun, Munar Ginting juga meminta masukan dari Tenang Malem Tarigan dan Jonathan Tarigan agar kunjungan sejuta wisatawan ini terwujud. Sebab pihaknya juga telah melakukan kordinasi dengan Kepala Dinas Lingkungan Hidup, PUPR,  PMD dan Dinas Pertanian dalam membenahi fasilitas sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang menyambut baik rencana tersebut, namun ia meminta guna memajukan pariwisata Karo hendaknya pelaku wisata berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Karo, karena pemanfaatan objek wisata dan melakukan atraksi di kawasan Sinabung sebagai spot-spot kunjungan, tentunya  mempunyai resiko jika kita salah arah, karena batasan wilayah yang dikunjungi harus berpatokan dengan rekomendasi vulkanologi.(RT/TO)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size