Skip to main content
Wawali Himbau Pedagang Pantai Panjang Jaga Kebersihan
Wawali Himbau Pedagang Pantai Panjang Jaga Kebersihan

Wawali Himbau Pedagang Pantai Panjang Jaga Kebersihan

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Dalam sidak di kawasan wisata pantai panjang Rabu (15/1/20) usai melakukan pemasangan lampu jalan, Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi juga menghampiri beberapa pedagang kelapa muda di sekitar pantai. Disini Wawali menemukan banyak sekali sampah batok kelapa.

Ditemukan masih ada pedagang kelapa yang membuang batok kelapa di sembarang tempat, yakni di pinggir jalan belakang tempat sampah. Sampah yang dibuang yaitu batok kelapa, batok klapa tersebut sudah sangat menumpuk dan sangat mengganggu pemandangan.

Setelah Wawali berbincang dengan para pedagang, ternyata beberapa pedagang ada yang tidak memiliki sampah karena mereka mengumpulkan sampah batok kelapa dan membuangnya langsung ke tempat sampah. Kemudian sampah itu diambil oleh petugas dari dinas kebersihan setiap pagi sehingga tidak ada sampah mereka yang menumpuk.

Sedangkan sebagian pedagang lainnya, tidak membuang sampah pada tempatnya. Usut punya usut, ternyata pedagang ini tidak saling koordinasi. Seharusnya antar pedagang memberitahu bahwa sampah itu dimasukkan ke dalam bak sampah dan membayar biaya operasional kepada petugas pengangkut sampah Rp 1.000 perhari dan uang iuran tersebut akan di tagih setiap bulanya.

Bila pedagang membuang sampah pada bak sampah dan memberitahu petugas kebersihan serta membayar operasional Rp 1.000, maka tidak mungkin sampah itu menumpuk.

“Makanya nanti buang sampah jangan di luar bak sampah. Kasih tahu nanti ke petugas kebersihan bahwa pedagang ini bersedia membayar Rp 1.000, tapi tolong sampahnya di dalam bak,” ujar Dedy.

Wawali mengatakan bahwa dalam upaya membentuk kawasan wisata pantai panjang yang bersih dan rapi pemerintah kota terus gencar memberikan arahan soal pembuangan sampah di kawasan tersebut dengan penataan para pedagang dan pembersihan sampah yang ada.

Wawali juga mengungkapkan pesan Walikota Bengkulu Helmi Hasan mulai hari ini akan kembali melakukan penataan terhadap kawasan Pantai Panjang setelah melakukan rapat sebelumnya.

“Apapun yang berada di Kota Bengkulu, harus sama-sama kita jaga dan kita rawat serta saling bersinergi antar pemerintah untuk mewujudkan kota Bengkulu Bersih dan Rapi,” demikian Dedy. (P3)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size