Skip to main content
Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu Kusmito Gunawan SH MH
Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu Kusmito Gunawan SH MH

Ketua Fraksi PAN Minta Sesda Segera Evaluasi Camat dan Lurah

Kota Bengkulu, Tuntaonline.com - Dengan banyaknya penurunan kinerja para Camat dan Lurah se-Kota Bengkulu, karena tidak bisa memanfaatkan semaksimal mungkin dana Kecamatan dan Kelurahan di APBD 2019. Disini Ketua Fraksi PAN mendesak Sesda agar sesegera mungkin mengevaluasi dan mengganti Camat dan Lurah di lingkungan pemkot yg tidak memanfaatkan dana Kelurahan yg telah dianggarkan. 

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu menjelaskan bahwa di APBD 2019 lalu pihak Pemkot sudah menganggarkan dana Kecamatan dan Kelurahan tetapi masih juga ada Lurah tidak menggunakanya. Kali ini pada APBD 2020 Pemkot Kembali menganggarkan dana Kelurahan dengan  kisaran 250 - 300 Juta.

"Pada APBD 2020 ini kembali dianggarkan untuk kelurahan kisaran 250 juta sampai dengan 300 juta. Jika tidak digunakan dan dimanfaatkan untuk pembangunan. Maka ini katagori menghambat pembangunan kota dan tentunya sangat merugikan warga kota," jelas Kusmito, Senin (6/1/2020)

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE menyayangkan banyaknya kelurahan yang masih ada silpa anggaran bahkan tidak terserap sama sekali. Beliau pun dengan tegas akan memberi sanksi kepada para Lurah yang tidak bekerja secara maksimal.

"Pemerintah sampai pinjam dana ke bank tapi kok tidak dibelanjakan. Para Lurah semacam ini tidak usah dikasih anggaran lagi. bila perlu tidak usah dikasih jabatan. Para camat sudah saya ingatkan. nanti Sekda tolong di evaluasi betul kinerja seluruh camat," ungkap Helmi. 

Diketahui bahwa beberapa kelurahan yang masih silpa anggaran bahkan Kelurahan Nusa Indah tercatat tidak ada serapan anggaran sama sekali. Anggaran yang tidak terserap pun mencapai angka 352 juta diikuti Kelurahan Pasar Baru 302 juta dan Kelurahan Kampung Bati 212 juta. Namun disamping itu 14 Kelurahan di Kota Bengkulu juga tercatat telah menyerap anggaran 100 persen. 

14 Kelurahan tersebut diantaranya Tengah Padang, Sawah Lebar, Tanah Patah, Anggut Dalam, Jembatan Kecil, Panorama, Bumi Ayu, Bentiring, Bentiring Permai, Pematang Gubernur, Beringin Raya, Rawa Makmur Permai, Sumber Jaya dan Tanjung Agung.

Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Bengkulu, Kusmito Gunawan, SH, MH sangat mendukung sepenuhnya agar Sesda sesegera mungkin mengevaluasi dan mengganti Camat dan Lurah di lingkungan Pemkot yg tidak memanfaatkan dana Kelurahan yg telah dianggarkan. 

"DPRD dan Pemkot Bengkulu sudah berjuang menganggarkn dana untuk Rakyat, tetapi anehnya tidak dimanfaatkan, APBD Kota itu untuk Rakyat," jelas Kusmito.

"Tegas saya katakan untuk mencopot Camat dan Lurah yang tidak berpihak kepada Rakyat, Warga Kota Bengkulu. Dana tersebut untuk pembangunan, untuk kebaikan Warga," tegas Kusmito. (P3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size