Skip to main content
Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani MA
Kepala BPS Provinsi Bengkulu Dyah Anugrah Kuswardani MA

Tarif Angkutan Udara Dapat Pengaruhi Ekonomi Daerah

Bengkulu, Tuntasonline.com - Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Dyah Anugrah Kuswardani MA mengatakan masih tingginya harga tiket pesawat berdampak pada inflasi di Kota Bengkulu. Pasalnya angkutan udara memberikan andil sebesar 0,363 % terhadap inflasi daerah.

"Karena pada Desember lalu inflasi, maka inflasi tahunan kita di 2019 menjadi 2.91% atau lebih tinggi dari inflasi nasional 2019 yang tercatat sebesar 2.72 persen," ungkap Dyah, Kamis (2/1/2019).

Dikatakannya, tidak hanya disebabkan oleh tarif angkutan udara saja, inflasi di Bengkulu pada Desember 2019 juga disebabkan oleh beberapa komoditas lainnya seperti daging ayam 
ras, bawang merah, bayam, bahan bakar rumah tangga, dan rokok kretek filter.


Namun beberapa komoditas tersebut tidak begitu berpengaruh, bila dibandingkan dengan mahalnya tiket pesawat. Oleh sebab itu, diharapkannya agar setiap maskapai dapat menurunkan tarifnya. 

"Kenaikan tarif angkutan udara cukup besar pengaruhnya ke daerah, tidak hanya inflasi, mahalnya tarif juga berdampak pada penurunan jumlah penumpang dan jumlah pesawat ke Bengkulu jelas ini berpengaruh ke ekonomi daerah juga," pungkas Dyah. (Maris)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size