Skip to main content
Diskominfo Sosialisasi Kesadaran Pengamanan Informasi
Diskominfo Sosialisasikan Kesadaran Pengamanan Informasi

Diskominfo Sosialisasikan Kesadaran Pengamanan Informasi

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu bekerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menggelar Sosialisasi Persandian Kesadaran Pengamanan Informasi, Rabu (18/12/2019). Kegiatan yang digelar di ruang Hotel Grhadika Jodipati Bengkulu.

Plt Kepala Diskominfo Kota Bengkulu, Drs. Eko Agusryanto M.Si mengatakan kegiatan ini digelar guna Memberikan pemahaman kepada OPD terkait persandian dan telekomunikasi. Antara lain dengan memberikan pengenalan aplikasi siber Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) serta optimalisasi pelaksanaan sandi dan telekomunikasi. 

“Hari ini kita menggelar sosialisasi persandian dengan tajuk Melalui Inisiasi Tanda Tangan Elektronik Kita Optimalkan Fungsi dan Peran Persandian Dalam Menunjang Keamanan E-Goverment,” katanya.

Eko menambahkan, dengan adanya sosialisasi ini, ke depan diharapkan data dan informasi di pemerintah daerah sampai ke kelurahan bisa terjamin keamanannya.  

“Terpenting seluruh ASN yang ada di OPD Kota Bengkulu mempunyai kesadaran untuk mengamankan data dan informasi yang ada di lingkungannya, dikarenkan ini jamanya era digital sudah menggunakan elektronik semua, termasuk dengan transaksi dengan tanda tangan menggunakan elektronik,” ujarnya. 

Walikota Bengkulu H. Helmi Hasan, SE mengatakan, bahwa kegiatan sosialisasi ini sangat baik, karena para OPD nantinya akan mengetahui informasi yang terbaru seperti kebijakan atau peraturan perundang-undangan lainnya yang diperlukan terkait dengan siber. 

“Melalui sosialisasi persandian kesadaran pengamanan data dan informasi ini diharapkan kedepan dapat mempercepat pelaksanaan pembangunan guna percepatan pelaksanaan kegiatan di Kota Bengkuu,” ungkapnya

Catatan
(1) Bidang Statistik dan Persandian mempunyai tugas melaksanakan urusan Pemerintahan dan tugas Pembantuan di bidang Statistik dan Persandian. 

(2) Untuk menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Bidang Statistik dan Persandian menyelenggarakan fungsi: 

a. penyusunan Rencana Kerja Bidang Statistik dan Persandian mengacu pada Rencana Strategi Dinas; b. perumusan Kebijakan Teknis pelaksanaan Statistik dan persandian dengan berpedoman pada Norma Standar Prosedur dan Kriteria yang ditetapkan Pemerintah; 

c. pelaksanaan penyiapan, pemanfaatan dan pengembangan SDM; 

d. penyelenggaraan persandian dan Statisitik Sektoral; e. peningkatan kesadaran Keamanan Informasi (security awareness); 

f. pengelolaan Pusat data persandian; 

g. pelaksanaan Pengukuran dan Evaluasi penyelenggaraaan persandian secara Internal pada masing masing Perangkat Daerah; 

h. pelaksanaan Pengelolaan dan Pemeliharaan Materiil, sarana, prasarana dan Infrastruktur Persandian; 

i. Pengelolaan Pengamanan Fisik dan Kontrol terhadap akses Informasi atau Fasilitas Pemroses Informasi; 

j. Pengelolaan Kegiatan pemulihan Data dari gangguan jaringan Sistem Informasi; 

k. pelaksanaan tugas Iainnya yang diberikan Pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya. 

Bidang Statistik dan Persandian terdiri dari : a. Seksi Statistik; 
b. Seksi Persandian. (CW4)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size