Skip to main content
Disprindag Gelar Pelatihan Peningkatan Hasil Produksi Kulit Lantung
Disprindag Gelar Pelatihan Peningkatan Hasil Produksi Kulit Lantung

Disperindag Gelar Pelatihan Peningkatan Hasil Produksi Kulit Lantung

Kota Bengkulu, Tuntasonline.com -Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bengkulu gelar Pelatihan Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Hasil Produksi Berbahan Kulit Lantung Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Bengkulu, di hotel Raffles, Rabu (11/12/2019).

Wakil Walikota Bengkulu, Dedy Wahyudi mengatakan, Jika suatu produk itu bagus dan harga bersaing tidak begitu mahal tentu akan di cari orang.

“Selain itu dengan cara pemasaran era digital, orang bisa pesan melalui online, promosi bisa dilakukan melalui media apa saja. Dengan kualitas yang baik, tentu semua akan tertarik,” katanya.

Ia mengatakan, handmade itu tergantung dengan kerumitan, semakin rumit semakin mahal.

“Saya ingin lihat karya kita di Sarinah, saatnya kita meningkatkan potensi lokal agar dikenal luas hingga tingkat nasional,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini Pemerintah ingin mengangkatkan potensi masing-masing daerah. Orang orang sudah sadar dengan kesehatan, semua pilih yang organik.

“Kita angkat hal- hal unik dan ini harus dikerjakan secara keroyokan, Perindag tidak bisa sendiri, peran dinas lain seperti koperasi dan pariwisata juga dinas perempuan dan anak juga dibutuhkam,” sampainya.

“Peningkatan kualitas produksi adalah sesuatu yang penting, kami pemerintah siap bantu untuk permodalan melalui Samisake dan juga tengah disiapkan Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Fadillah Kota Bengkulu,” ungkapnya.

“Bagaimana caranya kami pemerintah bisa memberikan kebahagiaan di warga, jika warga bahagia kamipun bahagia, dan jika kita semua bahagia terciptalah kota yang Bahagia,” tuturnya.

“Intinya, kita punya komitmen yang kuat untuk Kota Bengkulu. Mari kita majukan Kulit lantung ini. Jika perlu adakan produk massal yang bisa di beli dengan harga murah. Insyaallah kulit lantung akan lebih dikenal,” tambahnya.

Ia berpesan agar pengrajin kulit lantung terus berkreasi.

“Teruslah bekreasi, tingkatkan kualitas kulit lantung kita,” pesannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Pedagangan Kota Bengkulu Dewi Dharma mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin untuk mendalami produksi kulit lantung. Potensi yang besar bagi IKM akan selalu pemkot dukung.

“Kerajinan kulit lantung ini mempunyai ciri khas dan sangat populer. Dengan tujuan peningkatan kapasitas dan produksi kulit lantung. Selain itu Meningkatkan perekonomian usaha kulit lantung,” katanya.

Ia berharap dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas pengrajin kulit lantung, sehingga IKM dan Usaha Kecil Menengah (UKM) dapat berkembang dengan hasil yang lebih baik lagi.

Untuk diketahui pelatihan ini diadakan selama 2 hari diikuti 30 orang peserta dan menghadirkan Narasumber Emi Kusmiati Pengrajin Fajar Wonnk dan Dr. Pakri Fahmi, M.Si Dosen Universitas Bengkulu.(CW4/ MC)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size