Skip to main content
Pembayaran PKB Dipercepat 3 Bulan Sebelum Jatuh Tempo
Pembayaran PKB Dipercepat 3 Bulan Sebelum Jatuh Tempo

Pembayaran PKB Dipercepat 3 Bulan Sebelum Jatuh Tempo

Bengkulu, Tuntasonline.com - Jelang akhir tahun 2019 Pemerintah Provinsi Bengkulu menerbitkan surat edaran Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bengkulu nomor 973/4590/BPKD/2019 tentang Pelayanan Pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) pada Kantor Bersama Samsat Dipercepat Tiga Bulan Sebelum Jatuh Tempo.

"Kita membuat surat edaran ini, selain sejalan dengan samonas itu juga sejalan dengan program pemerintah provinsi dalam rangka pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik," ungkap Kabid perencanaan dan evaluasi pendapatan BPKD Provinsi Bengkulu, Alpha Rizal Fadlan, Selasa (10/12/2019).

Dikatakannya, dengan diberikan kelonggaran waktu selama 3 bulan tersebut, agar warga tidak terburu-buru jika hanya diberikan waktu jangka waktu satu bulan. Misalnya motor jatuh tempo pada bulan Januari 2020 sekarang per 3 bulan sebelumnya, pendaftaran dan pembayaran dapat dilakukan pada Desember 2019 

"Kemudian ada beberapa harapan dengan pembayaran dipercepat ini, itu ada peningkatan pendapatan dari pajak kendaraan bermotor. Nah ini cukup beralasan karena kita ketahui bahwa masyarakat itu pendapatannya tetap. Ada yang diawal bulan untuk ASN, kawan kawan di Bank itu akhir bulan," pungkas Alpha Rizal Fadlan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala PT. Jasa Raharja cabang Bengkulu, Abdul Haris bahwa selama ini pembayaran pajak itu dapat dilakukan saat masa berlakunya satu bulan sebelum jatuh tempo. Sekarang pemerintah daerah sudah memberikan kelonggaran kepada para pemilik kendaraan bermotor 3 bulan sebelum jatuh tempo. Sekarang sudah dapat dilakukan pendaftaran dan pembayaran pajaknya. 

"Selain itu juga untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat. Karena sekarang kan masih ada program keringanan denda pajak yang masih berlaku sampai tanggal 20 Desember 2019," kata  Abdul Haris.

Dengan demikian, program ini ada dua manfaat selain mendapat kelonggaran tenggang waktu juga mendapatkan keringanan denda jika dibayar sebelum tanggal 20 Desember 2019. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size