Skip to main content
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu
Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

Dorong Pembangunan, BPKP Segera Percepat Pengendalian Internal

Bengkulu, Tuntasonline.com - Kepala Perwakilan  Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bengkulu, Iskandar Novianto menuturkan pihaknya akan berusaha mempercepat pengendalian, terutama untuk pengendalian internal. Pasalnya pengendalian internal tersebut dinilai penting dalam pembangunan dan regulasi perekonomian provinsi.

"Kalau kita ingin mencegah permasalahan kasus, tentang masalah pengendalian itu harus diperkuat. Sistem pengendalian di pemerintahan itu yang pertama," kata Iskandar Novianto, sesuai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu, di Ruang Pola Provinsi Bengkulu oleh Gubernur, Selasa (05/11/2019).

Putra Bengkulu ini menjelaskan ada lima unsur yang harus diperkuat dilingkungan pengendaliannya. Salah satunya masalah penilaian resiko, mengingat setiap  kegiatan itu ada resiko.

"Tapi bukan resiko yang menjadi masalah namun bagaimana kita melitigasi nya resiko tadi tidak terjadi. Dan yang kedua aktivitas aktivitas pengendalian, jadi segala sesuatu itu harus ada pengendalian, standar operasional operasional prosedur itu harus dipersiapkan dengan baik dan semuanya berbasis risiko," pungkas Iskandar Novianto.

Poin selanjutnya dijelaskan oleh Iskandar, terkait penting mempersiapkan mengenai informasi komunikasi. 

"Bagaimana arahan kebijakan dari top management baik dari pak gubernur atau kepala dinas itu harus sampai, sampai kepada level pelaksana sebenarnya tujuan yang mau dicapai itu seperti apa. Itu perlu dikomunikasikan dengan baik," tambahnya.

Selain unsur pengendalian, Iskandar juga menerangkan poin penting pengawasan serta pemantauan dalam suatu regulasi ekonomi.

"Lalu yang penting juga mengenai pengawasan pemantauan. Jadi segala sesuatu yang dilakukan itu harus dipantau Jangan sampai kita memberikan arahan lalu dilepas," tutupnya. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size