Skip to main content
Tampak Bangunan yang sdang dikerjakan
Tampak Bangunan yang sdang dikerjakan

Diduga Dispar BU ‘Main Mata’ Dengan Pihak Kontraktor

Bengkulu Utara,Tuntasonline.com – Adanya Pengadaan Barang dan jasa di Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara tentang beberapa Paket Proyek di Satu Lokasi, diduga ada ‘main mata’ dengan pihak Kontraktor supaya tidak melewati Tender serta menabrak Peraturan Pemerintah No 16 Tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa serta Adanya indikasi KKN.

Hasil Pantauan media ini dilapangan Terdapat empat paket proyek pekerjaan diantaranya, pembangunan pembuatan taman dan fasilitas pendukung taman anggaran, Rp. 184.689.000, pembangunan pergola, Rp. 54.730.000, pembuatan tempat duduk, Rp. 59.732.000. Pengadaan lampu hias taman, Rp. 55.000.000 disatu lokasi yang sama yakni ditugu Amanah.

Kepala Dinas Pariwisata Bengkulu Utara, Kardo Manurung, di konfirmasi melalui pesan WhatsApp (3/11/2019) oleh media Jejakfaktual.com Memilih bungkam dan tidak mau memberikan hak jawab terkait paket proyek yang dijadikan empat pekerjaan dalam satu lokus.

Dilain sisi, dimintai tanggapannya, Ketua National Corruption Watch (NCW) Kabupaten Bengkulu Utara, Reshardi mengatakan bila dilihat dari sudut pandang ketentuan dalam pengadaan barang/jasa merupakan hal yang tidak tepat.

Reshardi menilai, keempat paket proyek tersebut masuk dalam ruang lingkup pekerjaan yang sama dan target penyedianya adalah sama (penyedia pekerjaan konstruksi). Paket proyek yang dijadikan empat item pekerjaan dalam satu lokus yang dilakukan berkesan untuk menghindari tender.

“Paket proyek yang dapat dibagi itemnya karena adanya perbedaan target penyedia, perbedaan lokasi penerima/pengguna barang, atau karena perbedaan waktu pemakaian barang dan jasa,” jelasnya.

Selanjutnya, untuk beberapa item pekerjaan yang memiliki sifat dan ruang lingkup pekerjaan yang sama dapat dilakukan dalam 1 (satu) paket pelelangan. Contoh pengadaan perlengkapan kantor yang terdiri dari pengadaan komputer dan printer.

“Lebih efisien jika jika dijadikan 1 paket dan ditenderkan, alasannya kenapa dalam satu lokus dibagi menjadi empat item pekerjaan,” tandasnya.

 

 

 

Editor : Redaksi

 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size