Skip to main content
Prodi Tadris Bahasa Indonesia Gelar Seminar
Prodi Tadris Bahasa Indonesia Gelar Seminar

Semarakkan Bulan Bahasa, Prodi Tadris Bahasa Indonesia IAIN Gelar Seminar

Bengkulu, Tuntasonline.com - Program Studi Tadris Bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Tadris Institut Agama Islam Negeri (IAIN) mengelar seminar nasional dengan mendatangkan Sastrawan Emong Soewandi dan Duta Bahasa Nasional, Sandera Hidayat. 


Dekan Tarbiyah dan Tadris, Dr. Zubaedi M.Ag M.Pd mengatakan perhelatan kegiatan ini selain untuk memperingati bulan bahasa, juga sekaligus untuk memeriahkan peringatan sumpah pemuda.

"Agar dapat menggunakan bahasa Indonesia kedalam kegiatan akademis, dan kegiatan menulis produktif. Jadi sesuai dengan fungsi bahasa Indonesia untuk bahasa komunikasi, bisa juga untuk bahasa akademis untuk berkarya," ungkap Dr. Zubaedi M.Ag M.Pd, Rabu (30/10/2019).

Beliau menambahkan dengan mengundang pak Emong Soewandiiewandi, agar menularkan pengalaman beliau bagaimana merintis memulai sampai menekuni bidang tulis-menulis jurnalistik atau kepenyairan mulai dari menyusun puisi, pantun, novel, cerpen, dan artikel.

"Untuk membangun kultur akademik di tadris bahwa salah satu ciri kultur akademik itu tumbuh ya perlu diselenggarakan kegiatan kegiatan kajian seperti seminar yang mendatangkan tokoh dan pakar di bidangnya," pungkasnya.

Sedangkan alasan mendatangkan Sandra, yakni untuk belajar bagaimana mengetahui teknik public speaking.  Mengingat Sandra sudah menekuni ini sebagai penyiar media televisi.

"Sehingga nanti ada mahasiswa yang akan merintis itu dapat  mengetahui bagaimana belajar menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar didalam menekuni bidang jurnalistik," tambahnya.

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Panitia, Riyanto Ilahi menuturkan dengan diadakan peringatan bulan bahasa ini dapat meningkatkan  semangat para pemuda, khusus pemuda di IAIN Bengkulu.

"Kami kan mengadakan semarak bulan bahasa sekaligus berkenaan dengan hari sumpah pemuda. Dalam acara ini kami mengadakan berbagai kegiatan seperti seminar, juga ada perlombaan yang diikuti lebih kurang 400 an peserta se provinsi Bengkulu," kata Riyanto.

Untuk diketahui perhelatan semarak bulan bahasa akan dilaksanakan mulai dari tanggal 30 Oktober 2019 sampai 10 November 2019. (Maris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size