Skip to main content
Bupati Labuhanbatu Upayakan Peningkatan Pangan Tahun 2020
Bupati Labuhanbatu Upayakan Peningkatan Pangan Tahun 2020

Bupati Labuhanbatu Upayakan Peningkatan Pangan Tahun 2020

Labuhanbatu, TuntasOnline.Com - Sumber Daya Manusia (SDM) yang maju kita wujudkan peningkatan pangan di tahun 2020. Demikian dikatakan Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT saat membuka kegiatan hari pangan sedunia ke-39 di halaman Kantor Dinas Pangan Jalan Prof H M Yamin By Pass Rantauprapat Kamis 24 Oktober 2019.

Bupati mengungkapkan, pihaknya bersama Dinas Pangan Labuhanbatu telah mengirimkan 60 petani study banding bidang peternakan dan perikanan ke Kabupaten Bogor. Dan saat ini para petani tersebut sudah menerapkan ilmunya di desa masing-masing.

“Labuhanbatu terkenal dengan kelapa sawitnya, namun sekarang harga sawit sangat anjlok, saat ini kita berusaha mengubah pola fikir masyarakat untuk mengalihkan lahan sawit tersebut menjadi sawah untuk menanam padi karena lebih menguntungkan,” ujar Bupati.

“Saya cek di pasar Glugur, konsumsi ikan masyarakat Labuhanbatu sebesar 8 ton perhari, tetapi ikan tersebut berasal dari luar daerah, harapan saya ke depan, kita harus menjadi pengimpor ikan di glugur, kemudian, petani kita harus pintar, SDM harus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat kedepan,” jelas Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Sarifudin Harahap SP mengimbau kepada seluruh masyarakat Labuhanbatu agar selalu mengkonsumsi sayuran bebas pestisida dan ikan bebas pelet supaya olahan masakan yang dikonsumsi keluarga aman dan sehat.

Adapun pemenang lomba beragam-bergizi seimbang dan aman [B2SA] yakni juara I Kecamatan Rantau Selatan, juara 2 Kacamatan Rantau Utara, dan juara 3 Kecamatan Bilah Hulu sedangkan juara lomba produk olahan pangan lokal komersial yaitu juara I Kecamata Rantau Utara, juara II Kecamatan Bilah Barat, serta juara III Kecamatan Bilah Hilir. (SR) 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size