Skip to main content
Nilai Dolar Naik Berimbas Pada Harga Emas Perhiasan
Nilai Dolar Naik Berimbas Pada Harga Emas Perhiasan

Nilai Dolar Naik Berimbas Pada Harga Emas Perhiasan

Bengkulu, Tuntasonline.com - Harga emas perhiasan di Kota Bengkulu mengalami kenaikan, selama satu bulan terakhir mencapai Rp 750.000 per gram untuk emas 23 karat.  

Hal itu apabila dibanding dengan bulan sebelumnya yang hanya berkisar Rp 645.000-Rp 650.000 per gram. Berdasarkan penuturan penjual emas perhiasan di Kota Bengkulu, kenaikan harga tersebut disebabkan adanya kenaikan nilai dolar terhadap mata uang rupiah.

"Pergerakan naiknya harga emas sangat berpengaruh terhadap nilai dolar, di mana bila dolar naik maka otomatis akan mempengaruhi harga emas di pasaran baik lokal maupun pasar dunia," ucap Zai.

Ia menambahkan emas yang diminati konsumen terdiri dari dua jenis, yakni emas 23 karat dan emas 22 karat. Untuk emas perhiasan 22 karat dijual Rp 650.000 per gram atau selisih Rp 100.000 per gram dengan emas perhiasan 23 karat.

"Umumnya para kaum wanita dan gadis remaja yang datang setiap hari. Rata-rata emas yang dibeli maupun yang dipesan adalah berupa kalung dan gelang. Sementara cincin maupun anting-anting sangat kurang," pungkasnya.

Ia mengatakan konsumen cenderung meminati emas perhiasan 23 karat. Walaupun apabila dibandingkan dengan emas perhiasan 22 karat, harganya lebih mahal.(Maris) 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size