Skip to main content
Ilu
Ilustrasi. Ist

2 ASN Tersandung Kasus Korupsi Belum Diberi Sanksi

Seluma, TuntasOnline.Com - Dua ASN di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Seluma yang tersandung kasus korupsi dan dinyatakan inkrah oleh pengadilan belum diberikan sanksi Pemberhentian Dengan Tidak Hormat (PDTH).

Kedua ASN tersebut yakni Batra Noven Azhari yang bertugas di Dinas PUPR Seluma dan Eka Rosaria Apriyani di Dinas UKPBJ Seluma. Keduanya tersandung kasus korupsi proyek jalan Nanti Agung-Dusun Baru pada tahun 2013.

Setelah divonis 1,6 tahun, kedua ASN tersebut masih menerima gaji full dari Pemkab Seluma. Hal ini dibenarkan oleh Sekretaris BPKD Seluma Suprapto, bahwa sampai saat ini belum ada surat pemberhentian BKPSDM Seluma.

“Masih menerima gaji, selagi tidak ada surat pemberhentian pembayaran dari BKPSDM maka tetap dibayarkan,” ujar Suprapto kepada wartawan, Senen 07 Oktober 2019.

Berbeda dengan ASN Seluma lainnya, yakni Iwan Sulistiawan yang berdinas di Bappeda Seluma, yang tersandung kasus narkoba pada bulan April 2019 lalu. Pihak BKPSDM Seluma telah mengeluarkan surat pemotongan gaji sebanyak 50 persen, padahal putusan terhadap ASN tersebut belum inkrah.

“Untuk ASN kasus narkoba kita bayarkan karena ada surat dari BKPSDM. Namun dibayarkan hanya 50 persen dari gajinya sembari menunggu putusan pengadilan tetapnya,” ujar Suprapto.

Baca juga Dua ASN Tersandung Korupsi di Seluma Belum Diberhentikan

Dilansir dari halaman resmi SIPP Pengadilan Negeri Bengkulu, kedua ASN tersebut sudah divonis hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan, dan denda Rp50 juta, dengan ketentuan bila denda tidak dibayar diganti kurungan penjara selama 2 bulan.

Keduanya dinyatakan terbukti melanggar pasal 3 jo pasal 18 ayat (1) huruf b Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Diketahui saat ini kedua ASN tersebut sudah menghirup udara bebas, dan terlihat kembali ngantor.(Dy)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size