Skip to main content
Rj
Rohidin Mersyah Saat Memberikan Keterangan Pers

Rohidin Angkat Bicara Soal Pulau Dua Bengkulu yang Terjual

Bengkulu, TuntasOnline.com - Gubernur Bengkulu angkat bicara soal pulau dua Enggano yang disinyalir sudah diklaim berdasarkan Pernyataan Wakil Ketua KPK RI, Saut Situmorang pada saat live di acara Indonesia Lawyer Club (ILC) di TV One Jumat (13/09/19).


Saat ditanya mengenai kabar terjualnya Pulau Dua Enggano, Rohidin mengungkapkan pihaknya sedang mendalami persoalan tersebut.

 

"Tim kita sedang turun untuk memastikan, artinya transaksi jual beli ini formal masyarakat dengan masyarakat atau memang sudah di legitimasi oleh pemerintah, kan itu penting," kata Rohidin saat ditemui oleh wartawan TuntasOnline.com di Kantor Gubernur.

Rohidin juga menjelaskan bahwa pada proses jual beli biasanya ada keterlibatan notaris dalam mengeluarkan sertifikat.

"Maksud legitimasi adalah melibatkan notaris, biasanya kan transaksi seperti itu selanjutnya mengeluarkan sertifikat nah itu berarti sudah melibatkan pemerintah" Lanjut Rohidin

Jual beli itu berada diantara masyarakat ini perlu ditelusuri tambahnya


"Tapi jika jual beli itu dalam tanda petik di bawah tangan antara masyarakat dengan pihak lain, ya ini mungkin perlu diluruskan," lanjut Rohidin.


Jual beli pulau terluar dan pulau-pulau kecil itu dilarang oleh Undang-undang kata jelas Rohidin.

"Yang namanya jual beli pulau terluar atau pulau pulau kecil yang dilarang oleh undang-undang, transaksi itu tidak boleh maka itu yang mau saya dalami  dan saya tidak bisa komentar lebih jauh," ujarnya. 

 

Sepanjang ini kita tidak pernah mengeluarkan izin penjualan aset negara jelas Rohidin saat menutup wawancara.


"Pertama siapa pembeli dan siapa penjual, kemudian legitimasinya pada posisi seperti apa? mengkosongkan itu ketika pemerintah ada peran di situ, misal kita mengeluarkan sertifikat dan kita mengluarkan izin. kalu sepanjang ini kita tidak mengeluarkan itu ya tidak apa apa," tutup Rohidin.(Cw2)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size