Skip to main content
Petani Keluhkan Bibit Jagung dari Distan Karo Berkutu
Petani Keluhkan Bibit Jagung dari Distan Karo Berkutu

Petani Keluhkan Bibit Jagung dari Distan Karo Berkutu

Karo, Tuntasonline.Com - Bibit jagung yang disalurkan Dinas Pertanian Kabupaten Karo (Sumut) dikeluhkan oleh petani karena bibit yang diberikan itu telah berkutu. 

Salah seorang petani didesa Lau Garut Kecamatan Mardinding menuturkan, bibit Jagung yang diterima melalui kelompok taninya ditemukan diduga busuk dan berkutu.

“Kami diberikan bantuan benih bibit jagung Bisi 18 dari Dinas Pertanian beberapa hari lalu. Sewaktu kita buka, ternyata sudah busuk dan berkutu,"Jelas Sopian Sembiring, seorang petani jagung Lau Garut  kepada wartawan (Senin 12/8)

 
Dia mengaku sangat kecewa karena berharap sekali mendapatkan bibit dengan kualitas tinggi, tapi malahan dapat bibit busuk dan berkutu.

Sopian mengajak semua petani yang bernasib sama dengannya untuk bersuara dan melaporkannya.

“Jangan  takut tahun depat tidak mendapatkan  bibit lagi dari pemerintah. Kita petani yang merasakan derita ini. Makanya jangan takut untuk berbicara,” seru Sopian berapi-api saat dikonfirmasi via telepon selular.

Sementara UPT Pertanian Mardingding/ Laubaleng Ernawaty Br Ginting saat dikonfirmasi terkait bibit jagung bantuan yang di berikan kepada para petani itu menjelaskan mengaku sudah mendapat informasi adanya temuan bibit jagung yang berkutu.

“Kita langsung respon. Seluruh PPL di Kecamatan Mardinding dan Kecamatan Laubaleng , kita minta untuk mengumpulkan dan menarik seluruh bibit bantuan yang rusak. Pihak produsen bibit sudah kita hubungi. Mereka bersedia mengganti dan memberikan kompensasi kepada petani apabila sudah sempat ditanam,” urainya.(Rekro Trgn)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size