Skip to main content
F
Foto Bersama Usai Acara

Biasakan Hidup Sehat, UPTD Puskesmas Candra Mukti Bentuk WUSAN SIMASANTI

Tulang Bawang Barat, TuntasOnline.Com - Guna membiasakan perilaku hidup sehat Dinas kesehatan Kab. TUBABA melalui UPTD Puskesmas Nonrawat Inap Candra Mukti berinovasi membentuk Wira usaha Sanitasi yang diberi nama Wira usaha Sanitasi Puskesmas Candra Mukti (WUSAN SIMASANTI).

T


Wusan Simasanti atau Wirausaha Sanitasi Puskesmas Candra Mukti adalah sebuah unit usaha sanitasi yang memproduksi jamban (kloset), produk home industri oleh kader-kader sanitasi dibawah binaan Puskesmas Non Rawat Inap Candra Mukti dengan beberapa Kader Pilihan dari beberapa Tiyuh yang ada di Tubaba.


Wirausaha Sanitasi Puskesmas Candra Mukti (Wusan Simasanti) ini Berdiri pada tanggal 15 September 2018, dengan beranggotakan Kader Sanitasi sebanyak 7 Orang.

T
Sekretaris Dinkes TUBABA Majril, S.Kep.,Ns.,MM menjelaskan  Kegiatan ini merupakan salah satu program lanjutan dari Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) pada dinas kesehatan kab. TUBABA dalam Rangka Percepatan Tiyuh Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS) melalui pendekatan pemberdayaaan masyarakat dan tertuang dalam Surat Edaran Sekretaris daerah TUBABA Nomor 190/2239/II.02/TUBABA/2018 tentang Pelaksanaan Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) .


ia juga menambahkan “Kegiatan ini adalah  bagian percepatan akses jamban keluarga sehat dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan penyakit berbasis lingkungan  dan “diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan daerah sejalan dengan meningkatkan akses sanitasi guna mendukung capaian penyehatan lingkungan, penyedian air minum dan fasilitas sanitasi dasar,” katanya lagi.

T
Untuk diketahui Dinas Kesehatan TUBABA telah melaksanakan kegiatan pelatihan  wira usaha sanitasi bagi masyarakat bertempat di wusan simasanti, Tiyuh candra mukti rabu (19/6/2019) yang dihadiri oleh Uspika Tulang Bawang Tengah (Camat, Kapolsek dan Danramil), kepala bidang kesmas Dinkes TUBABA. Kepala UPTD Puskesmas Non Rawat Inap Candra Mukti, Kepalo Tiyuh Candra Mukti , Ketua Umum Forum Tulang Bawang Barat Sehat dan  perwakilan dari dinas kesehatan Kab. Pesisir barat Abdullah Laupe  dan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Tubaba, Perana Putera, SH., MH.


Dalam kegiatan tersebut Perana berharap dengan adanya kegiatan wirausaha sanitasi ini, dapat menghadirkan manfaat dan memandirikan serta memberdayakan sumber daya manusia untuk mandiri memenuhi kebutuhan akses sanitasi yang layak terutama jamban yang sehat.

T
Menurut firdaus selaku koordinator Wusan Simasanti, usaha yang telah dirintis sejak ±1 tahun ini, Selain mendidik para kader sanitasi, kegiatannya ini telah memproduksi ±2000 buah kloset/jamban dan 19 unit alat cetak jamban VRF yang sudah dipasarkan baik didalam maupun luar kabupaten. Pihaknya juga siap jadi supplyer jika ada permintaan jamban dalam jumlah besar dan membuka Konsultasi tentang Jamban Sehat Murah dan Terjangkau.

Dia juga mengatakan saat ini sudah ada MOU Wirausaha Sanitasi (WUSAN) SIMASANTI Kab.TUBABA dengan Dinas Kesehatan Kab. Pesisisr barat pada Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam Rangka Jambanisasi di Kab.Pesisir Barat.(Her/Adv)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size