Skip to main content
K
Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan, S.H, M.H. 

Diduga Tanah Hibah Pemkot Dijual Secara Parsial 

Bengkulu, Tuntasonline.com — Penyelidikan terkait tanah hibah Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu seluas 62 hektar di Kelurahan Bentiring, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu terus digeberkan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu Kota Bengkulu, diduga tanah tersebut dijual secara parsial oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Saat diwawancarai di Kantornya, Kepala Kejari Bengkulu Emilwan Ridwan S. H, M. H, Rabu (7/8/2019) menyebutkan, "Tanah hibah Pemkot tersebut penjualannya dilakukan secara terpisah atau parsial yang ujungnya dibuat dalam bentuk satu Hak Guna Bangunan (HGU) dengan luas lahan kurang lebih 8 hektar".

Untuk saat ini pihak Kejari belum bisa menentukan harganya karena nanti akan ada ahli yang akan melakukan penghitungan soal nilai harga tanah tersebut. 

Emilwan juga menjelaskan, saat ini tim terus mengumpulkan data, bahan, dan keterangan saksi untuk memperjelas dan membuat terang perkara ini. Kejari juga sudah mendapatkan kwitansi penjualan tanah tersebut meskipun masih dalam bentuk copy-an. Maka dari itu penyidik terus bekerja keras untuk bisa mendapatkan dokumen asli. 

Dibeberkan Emilwan, kemarin 7 Agustus 2019 pihaknya kembali memanggil 8 orang diantaranya Marwanto selaku staf Kelurahan Bentiring, Firman Asri selaku penjual tanah, Mulyadi Siregar selaku staf Pemerintahan, Wahyu selaku penjual tanah, Zuliati selaku mantan Kepala Dinas DPKAD Kota Bengkulu, Wisnu Aprianto selaku penjual tanah, R. Efendi dan M. Asri selaku penjual tanah untuk dimintai keterangan. Namun dari 8 orang tersebut satu orang yang tidak bisa hadir yaitu Zuliati selaku mantan Kepala Dinas DPKAD Kota Bengkulu dengan alasan sedang dinas luar.

“Kita fokus pada pihak penjual lahan tersebut, kalau kemarin dari unsur pemerintahan, hari ini dari swasta yang terkait penjualan aset tersebut,” jelas Emilwan.

Sementara ini, sambung Emilwan, pihaknya masih menunggu perkembangan dari penyidik yaitu hasil dari permintaan keterangan saksi yang sudah dilakukan. Penyidik akan terus mengembangkan, mengumpulkan bukti-bukti. Serta memastikan pihaknya juga akan melakukan pemanggilan terhadap developer untuk dimintai keterangan terkait kasus ini. (Cw3)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size