Skip to main content
F
Tampak Penyuluhan Diikuti Antusias oleh Masyarakat

Rangkaian TMMD, Masyarakat Diingatkan Akan Bahayanya Radikalisme

Kota Bengkulu, TuntasOnline.Com - Selasa (16/07/2019) sekira pukul 14.00 Wib bertempat di Kantor Kelurahan Sumberjaya jalur dua Simpang Kandis, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu, Kodim 0407/BKL menggelar Penyuluhan Belanegara dan penyuluhan Bahaya radikalisme  dalam Rangka TMMD Reguler ke 105 Kodim 0407/Bengkulu Tahun 2019.

Kegiatan ini dihadiri Lurah Sumber jaya Ibu Suzana Erdawati, Pasi Terotorial Kodim 0407/Bengkulu Kapten Infantri Amsidi, Pasi Ops Kodim 0407/Bengulu Kapten Infantri Kurni Amri, Kelompok LPPM Unihaz kota Bengkulu, Sekertaris LPM sumberjaya Ibu Nurhayati, Kukerta huniaz ibu Krisma, Anggota Koramil 0407-07/Selebar serta Tamu undangan Lebih Kurang 50 orang.

Acara ini dirangkai dengan Pembukaan, Kata Sambuatan pasiter kodim 0407/Bengkulu, Pemberian Materi Bela Negara oleh pasiter kodim 0407/Bengkulu, Pemberian Materi Pasi Ops kodim 0407/Bengkulu serta penutup.

Adapun inti Penyampaian materi yang disampaikan pasiter kodim 0407/Bengkulu :
- Bela negara adala sala satu Bentuk  kewajiban bagi seluruh warga negara Karena sutu bangsa sangat rentan untuk itu sugesti dari bela negara adalah mendidik warga negara melalui pendidikan bela negara secara umum menurut pasal 30 Undang Undang Dasar 45 yang berbunyi setiap warga negara memiliki kewajiban untuk membela negara.
- Pengertian bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada negara kesatuan Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara yang seutuhnya
- Tujuan bela negara yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia yang maju dan sejahtera secara umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan otonomi yang tertuang dalam Pembukaan undang-undang Dasar 1945 Alinea ke-4.
- Unsur dasar Bela negara,Cinta tana air,kesadaran berbangsa dan bernegara,yakni pancasila sebagai idiologi,rela berkorban demi negara,memiliki kemampuan awal bela negara.

Sementara itu, inti Penyamapaian materi yang di sampaikan pasi Ops kodim
 0407/Bengkulu Yaitu :
- Lima poin yang berkaitan dengan kata kata radikal atau radikalisme radikalisme berasal dari kata radix yang berarti atau inti suatu permasalahan Jadi kalau sudah menyebut akar atau inti yang di contokan pohon Kalau tidak ada akarnya tidak akan terjadi tumbuh pohon tersebut. radikalisme atau suatu organisasi yang sewaktu-waktu bisa atau yang sewaktu-waktu kita menginginkan suatu perubahan yang sangat mendasar kemudian Perubahan tersebut diinginkan secara tiba-tiba atau secara langsung.

- Faktor penyebab paham radikal
1.Faktor Internal adanya paham yang sala Dalam menafsirkan Alqur'an.
2.Faktor eksternal  aspek ekonomi,politik,kekuasaan dan pemerintahanyang menyeleweng  Fundamental.

- Ciri paham radikalisme
Radikalisme tidak pernah berhenti dalam upaya penolakan sebelum terjadi perubahan drastis terhadap kondisi yang dikehendaki


Indentik dengan menggunakan kekerasan,menggangap dirinya selalu benar, gerakan nya secara organisasi,deplomasi politik dan menggunkan senjata,dan tidak mengakui pendapat orang lain dan komunikasi terutup dan terbatas.

Pasi Terotorial Kodim 0407/Bengkulu Kapten Infantri Amsidi menjelaskan bahwa pihaknya berharap melalui Penyuluhan ini dapat memberikan pemahaman tentang bahayanya radikalisme dan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara kepada masyarakat. Karena menjaga hal tersebut merupakan hal penting dalam merajut persatuan agar Indonesia tidak mudah dipecah belah. (ReTra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size