Skip to main content
T
Suasana Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu

Gubernur Sampaikan Nota Pertanggungjawaban APBD

Bengkulu, TuntasOnline.Com -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Paripurna mengenai penyampaian nota penjelasan Gubernur mengenai pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu tahun 2018 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bengkulu, Rabu (17/07/19).

"Tentunya hasil tersebut akan menjadi acuan kita untuk anggaran berikutnya," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersya saat ditmui selepas rapat Paripurna DPRD Provinsi di Bengkulu.

T

Beliau juga mengungkapkan bahwa penyampaian nota  pertanggungjawaban APBD tahun 2018 ini akan dilanjutkan dengan pembahasan rapat paripurna DPRD Provinsi Bengkulu dengan agenda pendapat fraksi.

"saya kira kita akan dengarkan  pandangan DPRD terkait capaian-capaian baik itu dari aspek Pendapatan maupun belanja yang kita strukturkan di APBD 2018, Dimana hasil tersebut akan keluar kesimpulan SILPA (Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan, yaitu selisih antara surplus/defisit anggaran dengan pembiayaan netto) 
 yang dihasilkan oleh Provinsi Bengkulu." kata Bapak Rohidin.

Untuk pengoptimalan anggaran tersebut, Bapak Gubernur mengungkapkan bahwa pihaknya telah mulai melakukan upaya, Diantaranya yaitu dengan mengefektifkan beberapa pembelanjaan yang dianggap kurang perlu.

T

"Jadi kita bukan mengurangi, namun mengefektifkan. Jika dirasa belum perlu dilaksanakn maka akan ditunda dulu dan akan diakomodir pada tahun anggaran berikutnya," jelasnya. 

Diketahui bahwa Angka penghitungan APBD secara keseluruhan dari segi belanja yakni sebesar Rp2,9 triliun, sedangkan pendapatan sebesar Rp2,8 triliun dengan defisit Rp127,7 juta. 

Penerimaan pembiayaan sebesar Rp351,088 miliar dan pengeluaran pembiayaan sebesar Rp10 miliar. Kemudian utuk sisa lebih perhitungan yaitu sebesar Rp213,318 miliar. 

T


Untuk diketahui pada Rapat Paripurna ke 6 masa sidang ke-1 yang di pimpin oleh ketua DPRD provinsi Bengkulu dan di hadiri oleh Edison Simbolon dan 26 Anggota Dewan atau setengah dari jumlah Anggota Dewan lainnya.(Cw2/Adv) 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size