Skip to main content
T
Tampak Pjs Kades Mengawasi Pengerjaan

Pembukaan Badan Jalan Di Desa Turan Baru, Permudah Akses Petani

REJANG LEBONG, TuntasOnline.com - Berbagai program peningkatan pembangunan fisik dilaksanakan oleh Desa Turan Baru melalui Dana Desa (DD). Salah satunya dengan pembukaan badan jalan baru di desa tersebut.

Seperti disampaikan Pjs. Kades Turan Baru, Ahmad Yuni didampingi Sekdes, Sunaidi. Pembukaan badan jalan ini, sebagai salah satu sarana pendukung untuk para petani di desa Turan Baru dalam mengelola perkebunan mereka. Sehingga, dengan adanya jalan ini dapat mempermudah akses para petani dalam mengelola hasil pertanian mereka. Seperti, mengangkut hasil panen.

"Apalagi mayoritas penduduk di desa ini adalah petani kopi. Jadi badan jalan ini diharapkan dapat mempermudah jalur transportasi mereka ketika berkebun. Harapan lain juga, dengan pembukaan Badan Jalan Baru ini, dapat mengembangkan pemukiman warga di sekitar sini," ujar Pjs. Kades.

Ditambahkannya, untuk panjang badan jalan ini, kurang lebih sepanjang 5 Kilometer (Km) dan luas 6 Meter (m). Serta merupakan lahan dari hibah masyarakat setempat. Dalam kegiatan ini juga, akan dilakukan perkerasan jalan sepanjang 1 Km terlebih dahulu. Lalu, kedepannya diharapakan dapat ditingkatkan menjadi Lapen untuk tahun selanjutnya.

Sementara, Sekdes Turan Baru, Sunadi, menyampaikan beberapa informasi terkait pengunaan DD untuk pembangunan desa. Antaranya, Dukungan Penyelengaraan PAUD Desa Rp 24.130.000, Dukungan Penyelangara Posyandu Rp 15.120.000, Penyuluhan dan Pelatihan Kesehatan Rp 5.360.000, Pemeliharaan Prasarana Jalan (Drainase) Rp 207.079.000, Pembukaan Badan Jalan Rp 152.052.000, Perkerasan Jalan Rp 312.040.000, Pembangunan Penahan tanah Rp 38.760.000 dan Pembuatan Rambu Rambu Jalan sebesar Rp 2.000.000.

Salah satu warga setempat, Aloy (40) mengungkapkan sangat berterimakasih kepada pihak pemerintah desa Turan  Baru dalam melakukan pembukaan badan jalan ini. "Pastinya, saya sangat senang, karena ini jalan baru ini, akan mempermudah kami warga setempat dalam bertani kopi," pungkasnya.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size