Skip to main content
S
Suasana Rakor Gubernur Se-Sumatera di Bengkulu

Gubernur se-Sumatera Setuju Lampung Dikaji Menjadi Ibukota Negara

Bengkulu, TuntasOnline.Com - Dalam Rapat Kordinasi Gubernur se-Sumatera yang digelar di Grage Hotel Bengkulu pada Selasa (09/07/2019). Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta dukungan untuk Provinsi Lampung menjadi Ibukota Negara Republik Indonesia.


Hal ini pun disepakati oleh Gubernur se-Sumatera dan Perwakilan yang dimuat dalam sebagai poin tambahan Piagam Memorandum Of Rafflesia yang merupakan Piagam yang dibuat untuk menyuratkan kesepakatan hasil Rapat Koordinasi Gubernur se-Sumatera. 


Sebelumnya, pada rangkaian Rakor Gubernur se-Sumatera, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan potensi mereka dalam hal percepatan pembangunan ekonomi Sumatera guna menunjang Ekonomi Nasional. 


Dalam paparan tersebut, Gubernur Lampung juga menyelipkan sedikit permohonan dukungan agar Provinsi Lampung dipilih sebagai alternatif Ibukota Negara yang akan dikaji nantinya dan meminta hal itu masuk dalam kesepajatan yang dimuat dalam Piagam Memorandum Of Rafflesia. Karena Arinal menilai jika nantinya Lampung terpilih menjadi Ibukota Negara akan berdampak langsung membantu ekonomi Sumatera. 

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah selaku Pimpinan Rakor menyetujui dukungan itu dan disambung dukungan Gubernur dan Perwakilan yang hadir. 


"Saya kira saya mendukung Lampung untuk dikaji menjadi alternatif Ibukota Negara karena jangan Kalimantan saja dikaji. Maksud saya, bukan untuk bersaing dengan daerah lain namun sebagai bentuk kesiapan Sumatera untuk menjadi Ibukota Negara dan juga kecintaan terhadap negeri ini," ujar Rohidin Mersyah.


Untuk diketahui, Acara ini dihadiri Staff Ahli Menteri PPN Bidang Pemerataan dan Kewilayahan Drs. Oktorialdi, MA, Pakar Hukum Tata Negara Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH, MH, Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dr. Pribudiarta Nur Sitepu, MM Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA, Gubernur dan Perwakilan se-Sumatera, Ketua DPRD Provinsi se-Sumatera, Kepala BAPPEDA se-Sumatera, Unsur OPD dan FKPD se-Sumatera. (ReTra) 

Facebook comments

Adsense Google Auto Size