Skip to main content
F
Foto Bersama Plt Bupati Labuhanbatu Bersama Peserta Manasik Haji Akbar

Plt Bupati Labuhanbatu Secara Resmi Buka Manasik Haji Akbar

Labuhanbatu, Tuntasonline.com - Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.,M.T, didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe,S.T.,M.T, hari ini Senin, 08 Juli 2019, secara resmi membuka acara manasik akbar bagi calon jemaah haji Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 di Aula Asrama Haji Kelurahan Ujung Bandar Kacamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu.

Dihadapan, 448 Orang Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019 ini, Bapak Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu, menyampaikan harapan dan keinginannya bahwa seluruh jemaah haji Kabupaten Labuhanbatu, nantinya menjaga kekompakan, saling tolong menolong, menjaga nama baik Kabupaten Labuhanbatu dan mendoakan Kabupaten Labuhanbatu semakin lebih baik, baik hari ini maupun kedepannya.

lebih lanjut, Andi menghimbau kepada seluruh calon jemaah haji Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, dapat dengan sungguh-sunguh mengikuti manasik akbar haji yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari yaitu dari Tanggal 8-9 Juli 2019 sehingga tujuan manasik haji akbar ini dilaksanakan dapat bermanfaat dan membantu Bapak/Ibu dalam mencapai haji/hajjah yang mabrur nantinya. Bilang nya.

Manasik haji ini adalah peragaan pelaksanaan ibadah haji, sesuai dengan rukun-rukunnya. Dalam kegiatan manasik haji ini nantinya, Bapak/Ibu calon jamaah haji akan dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. 

Selain itu, para calon jamaah haji juga akan belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci Mekkah dan akan dibekali ilmu pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang harus dilakukan pada saat melakukan ibadah haji serta akan dibekali pelajaran budaya, bahasa dan kondisi alam di Arab Saudi. Ujar Andi

Kemudian, Pelaksana Tugas Bupati Labuhanbatu berharap kepada Panitia Manasik Akbar Calon Haji Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, agar dapat membimbing dan membina Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu dengan sebaik-baiknya sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan kita bersama dalam pelaksanaan manasik akbar ini dapat terwujud dengan baik dan optimal.

Diakhir sambutannya, Plt.Bupati Labuhanbatu akan menyalurkan bantuan tali kasih sebesar 100 Riyal/Jemaah atau sebesar Rp. 400.000,-. Ditegaskan Plt.Bupati Labuhanbatu bahwa bantuan tali asih itu adalah uang rakyat yang dibawakan dalam APBD Kabupaten Labuhanbatu dan dikembalikan ke rakyat. Berkat ijin Allah, Saya hanya penyampai saja dan wajib menjalankan amanah rakyat dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya dapat diinformasikan, bahwa sesuai dengan Laporan Ketua Panitia Pelaksana Manasik Akbar Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu, Bapak Drs. H.Safirudin Harahap, M.Pd Kakan Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu, bahwa Jumlah Peserta Manasik Akbar sebanyak 448 Orang, dilaksanakan selama 2 Hari dari Tanggal 8-9 Juli 2019, Sumber Dana DIPA Kemenag Kab.Labuhanbatu, pada Tangal 09 Juli 2019 akan dilaksanakan upah-upah kepada seluruh Calon Jemaah Haji di Aula Asrama Haji, sumber dana upah-upah APBD Kabupaten Labuhanbatu T.A. 2019.

Selanjutnya dilaporkan kepada Plt.Bupati Labuhanbatu bahwa 448 Orang Calon Jemaah Haji Kabupaten Labuhanbatu Tahun 2019, akan diberangkatkan menuju Asrama Haji Medan dengan jadwal, yaitu Pemberangkatan pertama dari Asrama Haji Ujung Bandar Pada Tanggal 20 Juli 2019 yaitu Keloter 10 dengan jumlah jemaah sebanyak 388 Orang, Pukul 20.00 WIB, Tiba di Asrama Haji Medan diperkirakan Tgl. 21 Juli 2019, Pukul 09.00 WIB  dan Tanggal 22 Juli 2019 Pukul 9.45 WIB dilepas berangkat dari Bandara Kuala Namu Medan menuju Jeddah Pukul 09.55 WIB. Sedangkan keberangkatan kedua, pada Tanggal 2 Agustus 2019  Kloter 21 dengan jumlah jemaah sebanyak 55 Orang dan bergabung dengan Kabupaten Labura dan Kotamadya Medan, berangkat dari Asrama Haji Ujung Bandar Pukul 06.00 WIB, Tiba di Asrama Haji Medan diperkirakan Pukul 15.00 WIB, dan Tanggal 23 Juli 2019, Pukul 1.50 berangkat menuju Jeddah.

Petugas haji baik itu Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD), Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 5 (Lima) Orang.

Hadir dalam acara dimaksud, antara lain Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih, S.H, M.M, Bapak Asisten Pemerintahan dan Sosial H. Nasrullah, SH, M.AP, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Labuhanbatu Ustad Khairul Dalimunthe, S.Ag, Direktur Bank Syariah Mandiri Rantauprapat, Perwakilan PT. Bank Sumut Rantauprapat, Kabag Binsos Setdakab Labuhanbatu, dan Pejabat Kemenag Labuhanbatu dan hadirin lainnya. (Paris)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size