Skip to main content
Komunikasi Dapat Minimalkan Stress Pada Wanita
Komunikasi Dapat Minimalkan Stress Pada Wanita

Komunikasi Dapat Minimalkan Stress Pada Wanita

Bengkulu, Tuntasonline.com - Wanita mempunyai kemampuan yang luar biasa. Baik dari segi fisik maupun psikologis, misalnya wanita bekerja yang biasanya disebut sebagai wanita karir.

Wanita karir termasuk dalam kategori yang rentan mengalami stres. Hal ini disebabkan oleh keinginan membuktikan diri serta menentukan skala prioritas yang kurang tepat.

Mudahnya wanita mengalami stres karena pekerjaan dapat dipicu oleh beberapa faktor. Hal tersebut bisa disebabkan karena adanya seksisme di tempat kerja, kurangnya dukungan, dan kesulitan menyeimbangkan kehidupan karier dan keluarga.

Para wanita karier juga semakin terbebani dengan adanya keinginan pembuktian diri. Hal tersebut memang biasa terjadi di zaman modern ini di mana para wanita ingin terlihat sempurna dalam banyak hal, termasuk urusan keluarga, pekerjaan, hingga kehidupan sosial.

“Untuk wanita memang cara berfikirnya banyak. Dia harusnya memberikan layanan yang baik ke masyarakat, menjadi ibu rumah tangga yang baik, serta menjadi peran nya sebagai seorang ibu,” ucap Psikolog Ainul Mardiati.

Menurut Psikolog ini, wanita harus bisa memilih apa yang terbaik, sebagai wanita yang bekerja mereka harus pandai memilih apa yang menjadi skala prioritas. Dimana dibelenggu oleh pekerjaan dan kewajibannya sebagai ibu rumah tangga.

Membangun komunikasi yang baik menjadi salah satu pencegah terjadi nya stress tersebut. Misalnya bermusyawarah dengan suami dan keluarganya. Terkait bahwa ibunya ini bekerja sehingga dapat memisahkan bagian-bagian yang bisa ditoleransi dan ada juga yang diprioritaskan.

“Jika dilihat secara keseluruhan pekerjaan wanita itu memang banyak. Dimana disela sela bekerjanya diharuskan menjemput anak serta tetap memberikan perhatian kepada suami dan keluarganya. Jangan sampai suami nanti beralih ke yang lain,” kata Ainul Mardiati.

Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan itu, disarankan untuk wanita karir harus pandai memilah mana yang harus di dahulukan. Serta menjalin komunikasi yang baik terhadap keluarga dan juga lingkungan kerja.

Sehingga ini menjadi penyemangat dalam hidup agar menimalisir tingkat stress pada wanita. Yang tetap menjadi skala prioritas adalah keluarga.

Komunikasi merupakan faktor yang menentukan tingkat stress yang terjadi pada manusia. Semakin minim komunikasi yang dilakukan, dimana memicu kondisi miskomunikasi. Yang menyebabkan stress terjadi. Sebaliknya penawar dari stress tersebut adalah dilakukannya komunikasi secara intens guna memacah tekanan dan masalah yang sedang dialami.(Cw1)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size