Skip to main content
Ikan Salai Patin Menjadi Peluang Menjanjikan
Ikan Salai Patin Menjadi Peluang Menjanjikan

Ikan Salai Patin Menjadi Peluang Menjanjikan

Kampar, TuntasOnline.Com - Jalankan Usaha olahan Ikan Asap atau lebih dikenal dengan Ikan Salai Patin, Firman Edy, Warga Desa Pulau Gadang, Kecamatan IIIX Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Raup keuntungan ratusan juta rupiah.

Sebelum menjalankan usaha olahan ikan patin, Firman Edy yang lebih akrab disapa edy, jalankan usaha budidaya ikan patin, setelah panen ikan patin  langsung di jual saja, belum terpikirkan untuk jalankan usaha olahan ikan salai patin."kata Edy kepada awak media dilokasi penyalain ikan patinnya, Jumat (04/06/2019).

" Di tahun 2007, terjadi overproduksi di gudang budidaya, sehingga kami mandat dalam pemasaran ikan, pada saat itu kami menjual ikan kami seharga 6.500."ujarnya.

Karna permasalah itu kami mendatangi Dinas Perikanan Kabupaten Kampar, pada saat itu dampingi oleh David Rendra salah seorang yang juga bekerja di Dinas Perikanan. Untuk menceritakan kondisi kami yang kesulitan untuk pemasaran ikan patin kami."tuturnya.

" Mendengar permasalah kami tersebut, Dinas Perikanan memberikan solusi untuk mencoba membuat olahan ikan salai patin.

Itulah awalnya, saya memulai usaha olahan ikan salai patin, saya memulai usaha ini juga di tahun 2007.

"Alhamdulililah usaha yang saya jalankan berhasil, dan keuntungan menjual ikan salai (kering) ini lebih menguntungkan dari pada menjual ikan basah."ucapnya.

" Saat produksi pertama hasil produksi kami cuma 70 Kilograms perhari. Alhamdulillah saat ini hasil produksi kami perminggu sudah mencapai 10 ton itu ikan segar, setalah di salai hasilnya nanti menjadi 3 ton. 3 ton x 60.000 = 180 juta inilah penghasilan kita perminggunya,"terangnya.

" Untuk pemasaran ikan salai patin kita saat ini sudah mencakupi di tiga Provinsi, Provinsi Riau, Provinsi Sumatra barat , Sumatra Utara dan juga sudah sampai ke Malaysia melalui pedagang antar pulau.

Kita juga membuka pelatihan Kelautan dan Perikanan P2MKP Putra Niaga, ini sudah kita buka dari tahun 2012, pelatihan ini bertujuan terutama untuk membantu anak - anak yang putus sekolah, pensiunan yang ingin membuka usaha kita berikan pelatihan.

Untuk peminat pelatihan dari tahun ketahun terus bertambah, untuk tahun ini kita sudah melatih sudah 120 orang.

Harapan kami, kepada Pemda Kampar, terutama kepada Dinas terkait agar dapat  membantu kami untuk promosi pemasaran, baik itu pada ivent Nasional maupun event-event internasional, seperti pameran, misi dagang atau promosi lainnya.(indra)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size