Skip to main content
K
Kajari Bengkulu

Jaksa Minta RM akan Diperiksa Kejiwaannya

Bengkulu, Tuntasonline.com - Kepala Kejaksaan Negeri Bengkulu, Emilwan Ridwan mengatakan terkait RM, tersangka kasus pembunuhan sadis yang terjadi di Tanjung Agung beberapa waktu yang lalu perlu menjalani tes kejiwaan. 

Emilwan Ridwan menambahkan walaupun RM terlihat sehat secara fisik. Akan lebih baik dilakukan pemeriksaan medis secara menyeluruh. Pasalnya di Pengadilan nanti agar jaksa tidak kesulitan terkait kesalahan tersangka.Hal terebut diperlukan untuk memenuhi pasal 44 KUHP yakni seseorang tidak dapat dipertanggungjawabkan secara pidana jika cacat kejiwaan atau tersanggung karena penyakit.

"Karena bukan hanya memenuhi unsur perbuatan yang bersangkutan, tetapi unsur kesalahan dalam tindak pidana juga sangat penting apalagi perbuatan yang dilakukan diluar dari kepatutan dan melakukan perbuatan diluar batas pri kemanusiaan. Tentunya patut kita ketahui, apa sih yang menjadi alasan tersangka melakukan itu. Sekali lagi penting  faktor tujuan itu kita minta saya harap penyidik bisa segera melakukan hal tersebut,"ujar Emilwan, Jum'at (14/6/2019).


Ia menambahkan pihaknya terus berkordinasi dengan penyidik kepolisian Resort Polres Bengkulu terkait perkara pembunuhan istri yang dilakukan RM. 

Untuk diketahui sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah mengembalikan berkas perkara ke penyidik. Dalam pengembalian berkas perkara tersebut ada beberapa poin yang harus dipenuhi. Salah satunya yakni uji kesehatan kejiwaan tersangka.(Cw1)

ADS1

Facebook comments

Adsense Google Auto Size