Skip to main content
T
MA Baitul Makmur

MA Baitul Makmur Diwacanakan Terapkan Sistem Asrama

REJANG LEBONG, TuntasOnline.Com - 
Madrasah Aliyah (MA) Baitul Makmur, desa Perbo, kecamatan Curup Utara, masih perlu mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Pasalnya, MA tersebut diwacanakan akan disulap layaknya Pondok Pensantren yang menerapkan sistem asrama untuk para siswanya.

Demikian ditandai dengan pertemuan antara pihak Kemenag RL yang diwakilkan Kasubbag TU Kemenag RL, Drs H Supani yang mewakili Kepala Kemenag RL, Kepalaz MA Baitul Makmur, Nuraini, S.Pd.I dan Ketua Komite MA Baitul Makmur, Drs H Al Suardi serta H.M Thobari Mu'ad selaku mantan pejabat Kemenag RL. pada Kamis (02/05/2019) lalu, di Kantor Cabang Yayasan Kebangkitan Umat (YKU).

Disampaikan, Kepala Kantor  Kementerian Agama Kemenag RL, Drs. H. Lapulangi, MM melalui Kasubag TU Kemenag RL, Drs H Supani, pada Senin (20/05/2019. Sebagai langkah awal, untuk mewujudkan wacana hasil dari kesepakatan dalam pertemuan tersebut, Ketua YKU, M Fikri Thobari, SE, telah menyiapkan 1 unit gedung asrama yang dapat menampung 65 siswa serta 1 unit rumah type 45 untuk ditempati Kepala Asrama nantinya.

"Rencananya adalah asrama putri terlebih dahulu. Untuk asrama dan rumah tersebut sudah ada dan berada tak jauh dari posisi sekolah. Apalagi yang menyiapkan asrama ini adalah Ketua Yayasan Kebangkitan Umat yang merupakan alumni MAN Talang Rimbo," ujar Supani.

Kemudian ia menambahkan, tidak hanya itu wacana yang disepakati dalam pertemuan tersebut, ada juga wacana MA Baitul Makmur akan membuka jurusan Agribisnis, melihat kondisi tanah di lingkungan sekolah yang subur sehingga dinilai cocok untuk dibukanya jurusan tersebut pada tahun ajaran 2019 ini. Rencana pembukaan jurusan Agribisnis Pertanian oleh MA Baitul Makmur tersebut merupakan salah satu jurus yang tepat untuk pengembangan MA Baitul Makmur. Apalagi  Rejang Lebong merupakan salah satu daerah pertanian yang mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. 

"Terlebih lagi dengan adanya dukungan dari Yayasan Kebangkitan Umat berupa peminjaman fasilitas gedung asrama untuk digunakan Siswi yang mendaftar pada jurusan baru tersebut, Saya yakin mutu pendidikan di Rejang Lebong akan menjadi lebih baik lagi. Sebab, dengan adanya asrama putri ini, orang tua siswa tidak lagi mengeluarkan biaya sewa tempat tinggal bagi putrinya selama mengenyam pendidikan di MA Baitul Makmur ini. Dan harapannya, setelah lulus nanti diharapkan dapat melakukan terobosan membuka lapangan kerja setelah menamatkan pendidikannya," jelasnya. 

Lanjutnya, dengan adanya dukungan fasilitas serta konsep konsep pengembangan yang ada ini,  tidak menutup kemungkinan Madrasah Aliyah yang saat ini masih dibawah naungan Yayasan Baitul Makmur ini akan terus digagas menjadi Madrasah Aliyah Negeri Model Pertama di Kabupaten Rejang Lebong ini. Pastinya, juga masih perlu dukungan dari berbagai pihak, antaranya lKanwil Kemenag Bengkulu, Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dan para Darmawan.(Cw2)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size