Skip to main content
Bupati Muba
Bupati Muba Dody Reza Alex Noerdin yang Juga Putra Dari Mantan Gubernur Sumsel

Putra Mantan Gubernur Sumsel Diprediksi Bakal Ramaikan Pilgub Bengkulu

Bengkulu,Tuntasonline.com - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Bengkulu kemungkinan akan digelar tahun 2020 dan Para Tokoh pun sudah tampak turun menjumpai masyarakat untuk memperkenalkan diri tak terkecuali Bupati Muba Dody Reza Alex Noerdin yang juga Putra Mantan Gubernur Sumsel.

Untuk pilkada Gubernur Bengkulu dan Wakil Gubernur Bengkulu, peluang siapa saja yang maju masih sangat terbuka. Sebab, pasca pemilu 17 April 2019, situasi politik semakin menjelaskan siapa saja yang berkeinginan akan maju, dengan memperhatikan peta politik partai di tingkat provinsi. 

Dilihat dari hasil perolehan kursi di DPRD Provinsi Bengkulu pada Pileg 17 April 2019 yakni :

1. PDIP - 7 kursi
2. Golkar - 7 kursi
3. Gerindra - 6 kursi
4. Nasdem - 5 kursi
5. Demokrat - 5 kursi
6. PKB - 4 kursi
7. PKS - 3 kursi
8. Hanura - 3 kursi
9. Perindo - 2 kursi
10. PAN - 2 kursi
11. PPP - 1 kursi

Syarat partai pengusung untuk mengusung sepaket pasangan bakal calon adalah 20 persen dari jumlah kursi. Kemungkinan besar, partai-partai hanya akan menghasilkan 4 koalisi. Diluar itu, bagi partai penggusung yang tidak mengacu pada perolehan 20 persen kursi (non kursi), maka harus dapat mengumpulkan suara sah sejumlah 25 persen, syarat ini kemungkinan akan susah dipenuhi oleh partai. Sebab, 20 persen kursi jika dihitung berdasarkan jumlah suara sah  belum tentu memenuhi syarat 25 persen suara sah, sebagaimana persyaratan partai pengusung non kursi.

Selain syarat partai, masih berpeluang bagi bakal calon yang akan maju melalui jalur independen. Jalur independen dihitung berdasarkan dukungan KTP yang tersebar di sebagian kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu. 

Foto

Yang membuat Heboh baru-baru ini dilansir dari Media Liputanbengkulu.com, Putra Mantan Gubernur Sumsel, Dody Reza Alex Noerdin yang sekarang menjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) tampak Turun ke Kabupaten Bengkulu Selatan untuk melaksanakan Sholat Terawih.

Kedatangan Bupati Muba tersebut bakal menambah persaingan Ketat untuk merebutkan BD 1 dikarenakan selain Dody Reza Alex Noerdin, Kandidat lain yang Bakal maju Iyalah 
1.Gubernur Petahana Rohidin Mersyah
2.Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan
3.Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi
4.Mantan Bupati Rejang Lebong Suherman
5.Bupati Lebong Rosjonsyah
6.Bupati Bengkulu Tengah Ferry Ramli
7.Bupati Seluma Bundra Jaya
8.Mantan Bupati Kaur Hermen Malik
9.Mantan Bupati Bengkulu Utara Imron Rosyadi
10.Anggota DPD RI Ahmad Kenedy
11.Mantan Gubernur Bengkulu Sultan Bahtiar Najamudin

Data ini didasari dari berbagai sumber baik itu percakapan di media sosial, wawancara tokoh, politisi dan lainnya. Sebagian nama diatas belum terkonfirmasi dan bisa saja bertambah ataupun berkurang seiring perkembangan politik.


Editor : Retra

Facebook comments

Adsense Google Auto Size