Skip to main content
Wisatatampak
Tampak Warga Harus Menempuh Jarak yang Jauh Demi Mendapatkan Air Bersih

Bertahun-tahun, Desa Ini Sulit Dapatkan Air Bersih

REJANG LEBONG, TuntasOnline.com - Miris dialami warga desa Kayu Manis, kecamatan Selupu Rejang, kabupaten Rejang Lebong (RL). Pasalnya, desa tersebut mengalami kesusahan untuk mendapatkan saluran air bersih. Sehingga, hal tersebut sangat membuat mereka kesusahan untuk memasak dan merebus air bersih untuk diminum.

Demikian disampaikan, Yuliana (42) warga desa Kayu Manis. Air yang mereka dapatkan adala dari sumber mata air, yang dialiri menggunakan selang dan pipa yang berjarak kurang lebih 1 Kilometer (KM). "Ini sudah lama jadi masalah desa kami, bahkan di tingkat rapat desa juga sudah berkali - kali dibahas, namun belum juga mempermudah warga untuk mendapatkan air bersih. Apalagi, kalau lagi musim kemarau, bisa - bisa kami warga setempat tidak mandi," keluhnya.

Ditambahkannya tidak hanya itu, bahkan sumur bor dan galian sumur, sudah beberapa warga mencoba menggunakannya. Namun, alhasil juga kurang memuaskan. Bahkan, sudah pernah ada bantuan pembuatan bak untuk warga, tapi juga terbengkalai karena susahnya air di desanya.

"Untuk itu, kami sangat berharap kepada pemerintah atau instansi terkait agar dapat mencari jalan keluar ataupun solusi untuk warga sekitar, supaya sarana kami untuk mengambil air bersih tidak susah lagi," harap Yuliana.

Hal ini juga dipertegas Warga lainnya, Juminem (60). Benar, selama ia dan keluarganya hidup disini, sangat jarang tersentuh dengan air bersih. "Jadi kalau mau ada air di rumah, kami bersama - sama membawa air menggunakan jerigen dari aliran sungai musi yang ada di desa Cawang Lama," pungkasnya.(Cw2)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size