Skip to main content
Tampak
Tampak Bupati Bengkulu Tengah dan Tim BPBD Tengah Berbincang

Banjir dan Tanah Longsor, Terhitung 29 Korban Meninggal Dunia

Bengkulu, Tuntasonline.com - Pasca banjir menerjang Bengkulu telah memakan korban jiwa. Untuk  provinsi Bengkulu terhitung sudah ada 29 orang yang dinyatakan meninggal dunia. Tiga orang korban dari Kabupaten Kepahiyang, satu orang dari Kabupaten Lebong, dan tiga orang dari Kota Bengkulu.

"Hingga jam 07.00 saat ini jumlah masyarakat yang menjadi korban mencapai 29 orang," kata kepala harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar pada Senin (29/4/2019). 


Kabupaten Bengkulu Tengah menjadi wilayah yang paling banyak memakan korban akibat banjir dan tanah longsor. Hingga  kini terhitung sebanyak 22 orang dari Kabupaten Bengkulu Tengah telah meninggal.  Lantaran tanah longsor yang terjadi di kaki Gunung Bungkuk, Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Sementara itu, ada 13 orang yang hingga saat ini belum ditemukan yaitu satu dari Kabupaten Kaur, dua dari Kota Bengkulu, dan 10 dari Kabupaten Bengkulu Tengah.  

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo mengungkapkan jika penambangan emas di Provinsi Bengkulu harus ditutup. 

"Didalam pertambangan emas mengandung bahan mercuri menyerap air yang menyebabkan air tersebut tidak dapat di konsumsi," kata  Letjen Doni Monardo.

Untuk diketahui, jumlah warga yang mengungsi hingga saat ini berjumlah 12.000 orang dan yang berdampak banjir serta tanah longsor sebanyak 13.700 orang.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size