Skip to main content
T
Titik Gempa di Kota Bengkulu

Gempa Guncang Bengkulu, Masyarakat Dihimbau Selektif Menyikapi Informasi

Bengkulu, Tuntasonline.com - Gempa bumi terjadi cukup dirasakan oleh warga di sekitar Kota Bengkulu. Menyikapi hal tersebut, masyarakat diminta agar tidak termakan isu dan berita hoax.

“Agak kuat ya. Gempa tadi jadi kerasa, sampai mobil yang diparkir itu goyang,” ucap salah satu warga kelurahan Surabaya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menginformasikan spesifikasi dari gempa tersebut melalui Media sosial What’s App.

Gempa bumi berkekuatan 5,3 magnitudo mengguncang Bengkulu. Gempa bumi dinyatakan tidak berpotensi tsunami.

BMKG menginformasikan, gempa pusat tersebut berada di kedalaman 11 kilo meter, tepatnya di 76 Km arah Barat Daya Seluma Bengkulu. Gempa terjadi pada Sabtu 27 April 2019 pukul 20.04 WIB.

“Info Gempa Mag:5.3, 27-Apr-19 20:04:23 WIB, Lok:4.44 LS, 101.99 BT (76 km BaratDaya SELUMA-BENGKULU), Kedlmn:11 Km ::BMKG,” tulis BMKG.

Gempa ini merupakan rentetan gempa yang terjadi sebelumnya sering mengguncang Bengkulu.

Belum ada informasi lebih lanjut terkait dampak gempa tersebut, termasuk informasi terkait adanya kerusakan dan korban jiwa dari gempat tersebut.

Dari penjelasan Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, RAHMAT TRIYONO, S.T., Dipl. Seis, M.Sc. melalui media sosial http://www.bmkg.go.id

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran mendatar naik (oblique fault). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size