Skip to main content
G
Peta BMKG

Pagi ini, 3 Kali Gempa Bumi Guncang Bengkulu

Bengkulu, Tuntasonline.com  - Bengkulu kembali diguncang gempa bumi, pasalnya sebanyak tiga kali dalam pagi ini, Jumat 19 April 2019. Dari keterangan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menginformasikan spesifikasi dari gempa tersebut melalui Media sosial What’s App.


"Hari Jumat, 19 April 2019, pada pukul 03:53:06 WIB, Wilayah SELUMA-BENGKULU dan sekitarnya diguncang gempabumi Tektonik. Gempa susulan terjadi pada pukul 03:53:06 WIB, kemudian pada pukul 04:36:51 WIB, Lok:4.55 LS, wilayah BaratDaya Manna-BENGKULU dengan Kedalaman 23 km," tulis BMKG.

 Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4.4 dengan pusat gempabumi terletak pada koordinat 4.55 LS - 102.32 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 59 km BaratDaya SELUMA-BENGKULU dengan kedalaman 28 Kilometer. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

"Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempabumi yang terjadi merupakan gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi (Megathrust) di Pesisir Barat pulau Sumatera dimana Lempeng Indo-Australia menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia," tulis BMKG.

Hingga laporan ini dibuat pukul 04:14 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempabumi tersebut.

Untuk memastikan informasi resmi Gempabumi dengan Skala Magnitudo kurang dari 5 (lima) hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website www.balai2.bmkg.go.id.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size