Skip to main content
Salah
Salah Satu TPS di Kecamatan Singaran Pati

Usai Mencoblos, Pemilih Bingung Memasukan Surat Suara

Bengkulu, Tuntasonline.com  - Pemilih salah memasukkan surat suara ke kotak suara. Pasalnya warga tersebut mengaku kebingungan karena banyaknya jumlah kotak suara. Kesalahan tersebut terjadi di Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu. 

"Saya fikir surat suara yang saya masukkan ke dalam kotak suara sesuai dengan di surat suara," ucap Zen salah satu warga, pada Rabu, 17 April 2019.

Zen mengungkapkan jika ada sedikit kendala saat memasukkan surat suara kedalam kotak suara. Pasalnya pihaknya merasa kesulitan saat memilih kotak suara yang sesuai dengan nama surat suara tersebut.

Surat suara juga ada lima jenis yaitu untuk pemilihan Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, DPRD Kota, dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI. Yang kesemuanya memiliki warna yang berbeda.

Hal inilah yang membuat Zen salah memasukkan surat suara DPRD kota ke dalam kotak suara DPD RI. 


Menanggapi hal ini pihak dari Anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) menjelaskan kesalahan memasukkan surat suara tersebut tidak berpengaruh terhadap keabsahan surat suara.

"Nanti saat pembukaan kotak suara dan penghitungan suara akan ditentukan sesuai surat suara bukan kotak suaranya," kata Anggota KPPS, Edwin. 

Edwin menjelaskan pihaknya akan mengarahkan pemilih saat memasukkan surat suara kedalam kotak suara sesuai dengan warna dan tulisannya. Agar kejadian serupa tidak terulang.(Cw1)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size