Skip to main content
K
Kadisdikbud RL T. Samuji

Pentingnya Peran Orang Tua Cegah Pergaulan Negatif Pelajar

REJANG LEBONG, TuntasOnline.Com  - Anak-anak pelajar saat ini sangat rentan terpengaruh pergaulan negatif. Untuk itu peran orang tua sangat penting dan besar dalam mencegah aksi kenakalan dan pergaulan negatif para anak-anak pelajar.

 

Kepala Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Rejang Lebong, T. Samuji, mengingatkan para orang tua untuk senantiasa mengawasi pergaulan anak-anaknya agar tidak terkontaminasi pergaulan menyimpang, diantaranya, "Ngelem", Nongkrong bersama teman, Mimuman keras dan narkoba serta kecanduan "ngegame".

 

"Kami menyadari betul peran pihak sekolah sangat terbatas yakni sebatas ruang sekitar sekolahan. Saat jam pulang sekolah maka itu menjadi tanggungjawab orang tua untuk ikut serta membantu mengawasi dan mendidik anaknya untuk senantiasa taat dan patuh pada orang tua, dan agama. Menanamkan nilai-nilai agama juga ikut membantu menciptakan ahlak anak yang soleh dan soleha," imbau Kadiknas RL ini.

 

Maraknya perilaku menyimpang anak selain faktor lingkungan, linkungan keluarga juga ikut berpengaruh. Jadi bila orang tua tak peduli atau kurang memperhatian perkembangan anaknya maka bisa-bisa anak tersebut menjadi tidak baik dan bersikap keras kepala."Jadi sebelum itu terjadi maka mari sama-sama membantu dan saling mendukung mendidik anak agar menjadi anak yang berkarakter dan bisa membanggakan bangsa dan Negara," terangnya.(ReTra/ADV)

Facebook comments

Adsense Google Auto Size